Muhammad: His Life Based on the Earliest Sources

Martin_lings

Judul: Muhammad, Kisah Hidup Nabi Berdasarkan Sumber Klasik

Penulis: Martin Lings (Abu Bakr Siraj al-Din) 

Penerjemah: Qamaruddin SF 

Penerbit: PT Serambi Ilmu Semesta 

Tebal:  671 halaman

ISBN: 978-979-1275-33-0

Harga: Rp. 72.900

Buku ini sungguh luar biasa. Dengan keahlian yang seolah tak tertandingi. Martin Lings menghadirkan riwayat hidup Nabi Muhammad saw. Dengan nrasi dan detail mengagumkan. Buku ini dinilai banyak kalangan sebagai salah satu buku biografi Rasul terbaik yang pernah diterbitkan. Hanya seorang berkemampuan istimewalah yang dapat menghasilkan buku sedemikian menyentuh.

REPUBLIKA

Muhammad betul-betul unik. Didasarkan pada sumber-sumber berbahasa Arab dari abad ke-8 dan ke-9, buku ini mendekati dan mereportase kata-kata dari orang-orang lelaki maupun perempuan yang mendengar langsung Nabi Muhammad berbicara dan menyaksikan sendiri peristiwa-peristiwa dalam hidupnya. Martin Lings mampu menghadirkan kesederhanaan maupun keagungan cerita. Karena itu, Muhammad dapat dibaca dengan sama nikmatnya baik oleh mereka yang sudah akrab dengan biografi Nabi maupun para “pendatang baru” yang membacanya untuk pertama kali.

Buku ini terpilih sebagai biografi Nabi terbaik dalam bahasa Inggris pada konferensi Sirah Nasional di Islamabad tahun 1983. Sejak itu karya ini telah dipublikasikan dalam bahasa Francis, Italia, Spanyol, Turki, Belanda, Tamil, Arab, Jerman, Urdu, dan sekarang Indonesia. Pada 1990, setelah buku ini berhasil mencuri perhatian Universitas al-Azhar Kairo, penulisnya menerima bintang kehormatan dari Presiden Hosni Mubarak.

Ketika membaca Muhammad karya Lings ini, kita akan merasakan semacam efek kimia pada narasi dan komposisi bahasa yang terkombinasi dengan keakuratan serta gairah sastrawi. Lings adalah cendekiawan-penyair.
Profesor Hamid Dabashi, Columbia University

Subhanallah buku yang sangat bagus sekali.

Saya mendapat buku ini dari kakak saya. Pertama kali melihat sampul buku ini saya langsung tertarik untuk membacanya. Dan setelah dibaca memang sangat mengagumkan, walaupun perlu waktu 2 bulan bagi saya menamatkan buku ini, pas banget selesai di tanggal 1 Ramadhan 1433H : )

Kesibukan UAS dan berpergian keluar kota sehingga buku ini disimpan sementara. Walaupun lama, tapi saya tidak lupa akan isi dari buku ini, setiap kali membacanya saya tidak terburu-buru, saya benar-benar meresapi, jika ada kalimat yang kurang di mengerti, saya akan mengulangnya kembali dari awal. Mungkin itu salah satunya yang membuat lama menyelesaikan bacaan ini.

Setelah selesai membaca buku ini, saya baru menyadari ternyata banyak sekali yang selama ini belum saya ketahui tentang Nabi Muhammad SAW, hingga membuat saya berpikir mengapa tidak dari dulu saya membaca buku tentang biography beliau.

Sejak kanak-kanak di sekolah dasar hingga perguruan tinggi, kita telah diajarkan tentang Pendidikan Agama Islam, namun itu hanya sedikit saja kisah yang diberikan sehingga membaca buku ini membuat saya mendapat pengetahuan yang banyak tentang riwayat hidup beliau.

Membaca buku ini membuat saya merasa dekat dengan Nabi Muhammad SAW, dimana mengingatkan sejarah dan perjuangan beliau.

Kisah hidup Nabi diceritakan dengan narasi dan detail yang mengagumkan. Mungkin sudah banyak buku yan sejenis seperti ini, namun menurut saya buku ini yang paling enak dibaca, ceritanya sangat mengalir.

Banyak kalangan menilai buku ini sebagai salah satu buku biography Rasul terbaik yang pernah diterbitkan.  

Ada banyak kalimat yang indah, ayat-ayat Al Qur’an, hadist-hadist Nabi dan ucapan beliau sehari-hari yang ingin saya tulis beberapa disini, untuk selebihnya anda baca sendiri di buku ini : )

Page 617Bekerjalah untuk duniamu seolah-olah engkau akan hidup selamanya, dan bekerjalah untuk akhiratmu seolah-olah akan mati besok.

– Selalu bersiap untuk mati berarti juga bersiap untuk berpisah.

– Jadilah di dunia ini seperti seorang asing yang menumpang lewat.

Page 620Hadist riwayat Abu Bakar menyatakan bahwa Nabi bersabda, “Allah mengangkat derajatmu bukan melalui banyaknya salat dan berpuasa, namun berdasarkan kebaikan hatimu.

Page 623Mengenai kebutaan hati dan cara penyembuhannya, Nabi berkata, “segala sesuatu yang berkarat ada pengkilapnya, dan pengkilap hati adalah mengingat Allah.

Aku kasih 5 bintang untuk buku ini 🙂

 

Cover buku aslinya:

Martin_lings_asli

 

Tentang Penulis

Images

Martin Lings lahir 24 Januari 1909 dan wafat 12 Mei 2005. Setelah meraih gelar sarjana bahasa Inggris dari Oxford dan sastra Arab dari London, cendekiawan-sejarawan mualaf ini juga memgeroleh gelar dari School of Oriental and African Studies (SOAS). Karya-karyanya antara lain Religion in the Middle East, The Eleventh Hour:The Spiritual Crisis of the Modern World in the Light of Tradition and Prophecy, dan Studies in Comparative Religion, jurnal yang turut andil memperluas cakrawala dunia Barat dalam memahami ketinggian Islam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s