The Deadly Violin ‘Five Detectives Quest’

The_deadly_violin_five_detectives_quest-228x228

Judul Buku: The Deadly Violin ‘Five Detectives Quest’

Penulis: Andy M. Baramuli

Terbit: Cetakan I, Oktober 2012

Penerbit: Visimedia

Genre: Novel Misteri-Detektif

Tebal:  xii + 420 halaman

Harga: Rp. 56.000

ISBN: 979-065-168-6

Konser “The Real Sensation of Stradivarius” telah menampilkan kelima peserta dengan luar biasa! Pewaris biola Stradivarius pun akan segera diumumkan. Tiba-tiba, seorang peserta, violis Revuelta Delica memucat, lemas, pingsan, dan tewas! Sehari kemudian, Sang Guru sekaligus pemilik biola, Senior Ford, tewas mengenaskan di dalam bath-up kamar mandinya! Paris pun gempar!

Kedua tragedi memilkukan itu terjadi di depan mata Randy Swats, Maria Ksvitsova, Ken Kyoichiro, Peter Hans, dan Diana Verolyn yang merupakan tamu undangan VVIP pada konser tersebut. Kelimanya diundang oleh Mister X. Apa yang terjadi? Siapa kelima tamu istimewa itu? Siapa sebenarnya Mister X? Siapa pembunuh kedua korban? Apa kaitan antara Mister X, biola Stradivarius, keluarga Senior Ford, murid-murid Ford, dan kelima tamu istimewa itu?

The Deadly Violin merupakan novel detektif yang ciamik! Alur ceritanya bagus. Bahasanya sederhana. Unsur narasi, deskripsi, dan argumentasinya jelas. Imajinasi penulisnya pun liar!

Seorang penulis Misteri, Randy Swats dikirimi surat undangan oleh seseorang yang bernama Mister X untuk menyaksikan pertunjukan Stradivarius, yang bertajuk penyerahan pergantian kepemilikan Biola Vierlitto Stradivarius yang berkisar usia 300 tahunan. Sang pemilik Senior Ford akan mewariskan Biola yang salah satu senarnya itu terbuat dari emas kepada salah satu diantara kelima muridnya. Kelima murid tersebut adalah Reveuelta Delica, Aprilia, McEntire, Rave Gilles, Freddy Jenkins. Dalam pertunjukan itu tak terlepas juga peran-peran yang lain dalam menyukseskan acara tersebut, diantara lain istri Senior Ford, Yvone, Julia (penyelenggara acara), Jason Smith dan Harviana adalah perwakilan kepolisian dari kota Paris untuk menjaga-jaga jika teror pembunuhan itu terjadi.

Dibalik kemegahan dan kemeriahan pertunjukan biola itu, terdapat ancaman pembunuhan, seperti yang sudah diberitahukan sebelumnya dalam surat yang Randy dapatkan. Ternyata surat itu tidak hanya ditujukan padanya, tetapi juga ditujukan pada keempat orang hebat lainnya, yang Randy tidak kenali. Mereka adalah Diana Verolyn, Ken Kyoichiro, Maria Ksvitova, Peter Hans. Kelima orang yang ditunjuk Mister X itu ditantang untuk menyaksikan kasus pembunuhan yang sudah Mister X rancang. Namun, melihat begitu ketat pengamanan di gedung Kesenian Perancis, Randy dan kawan-kawan tidak lagi mengkhawatirkan hal itu.

Diluar dugaan, pembunuhan itu tetap terjadi bahkan mengintai nyawa salah seorang murid dari Senior Ford, Delica tewas seketika, selain itu Rave hampir sekarat juga karena terkena sedikit racun sianida yang mematikan itu. Senior Ford yang merasa dirinyalah yang terancam akan dibunuh merasa was-was, ia sangat sedih kehilangan murid kesayangannya, Delica. Setelah hari kematian Delica, justru benar nyatanya bahwa nyawa Senior Ford terancam, ia tewas di kamar mandi, dengan alibi bunuh diri.

Siapakah pelaku sebenarnya Delica dan Senior Ford? Trik apa yang digunakan si pembunuh untuk menghabisi nyawa sang violis Delica yang sedang bermain biola di depan panggung dengan indahnya. Lalu Senior Ford yang tewas di kamar mandi dengan terkunci rapat di dalam, seperti apa trik ruangan tertutup itu? semua jawabannya ada di novel ini. hehe berasa baca komik Detektif Conan 😀

Oya kelima detektif itu aku sangat suka kelebihan mereka, berikut aku urutkan:

§  Randy Swats (Amerika Serikat) Seorang penulis novel Misteri-detektif yang telah mengarang lebih dari 10 buku terkenal. Penegtahuan dan hasil karyanya membuat ia lebiih banyak tahu tentang motif seseorang pembunuh untuk membunuh, tetapi belum pernah mengalami/menemui kasus pembunuhan yang sebenarnya.

§  Diana Verolyn (Inggris/berpindah-pindah) Memiliki orangtua yang bekerja sebagai duta besar membuatnya menguasai berbagai bahasa. Diana adalah seorang kriminolog yang mendalami ilmu kriminal dan juga viktimologi. Dia pernah membantu Interpol dalam mengusut sebuah kasus.

§  Ken Kyoichiro (Jepang) laki-laki asal Jepang ini adalah seorang wartawan investigasi yang suka menyelidiki kejadian-kejadian besar. Disebabkan profesinya yang berbahaya, Ken mendalami banyak ilmu bela diri untuk melindungi dirinya.

§  Maria Ksvitsova (Rusia) Semenjak lahir telah dianugerahi bakat alamiah photographic memories, yaitu kemampuan mengingat yang sangat kuat dalam sekali melihat, mendengar atau mencium.

§  Peter Hans (Inggris) Seorang dokter ahli dalam bidang forensik. Memilki kemampuan menelaah penyebab kematian seseorang dan mengidentifikasi luka, baik luka luar maupun dalam yang ada di tubuh korban. Peter sering membantu Kepolisian Inggris dalam menangani kasus pembunuhan.

Ceritanya bagus, sampai ke pembaca. Bisa menyeimbangi kasus-kasus yang ada dalam cerita-cerita detektif lain, ya…gak kalah kerenlah intinya mah.hehe dengan umurnya yang masih muda bisa buat novel detektif seperti ini.

Tapi…, (pasti aja ada tapinya hehe). Aku kurang begitu suka dengan penulisannya (penyampaiannya), meskipun pesannya nyampe, tapi kurang enak dibaca.

Aku kasih 2 bintang untuk lima detektif yang amazing! 😀

 

Tentang Penulis:

Andy Muhammad Baramuli atau biasa dipanggil Andy, kelahiran Makasar, 14 April 1992. Kesukaannya akan cerita detektif dirasakannya semenjak umur enam tahun.

Ia menulis novel detektif karena merasa belum ada buku yang membuatnya puas, terutama buku-buku novel yang bertema detektif. Ia mulai menulis saat berumur 17 tahun karena terinspirasi Christoper Paolini, penulis muda yang menerbitkan buku perdananya saat berumur 15 tahun. Ini merupakan novel debutnya. Ia memutuskan tetap akan menulis buku-buku lainnya.

Advertisements

One thought on “The Deadly Violin ‘Five Detectives Quest’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s