Winter in Tokyo

Winter

Judul Buku: Winter in Tokyo

Penulis: Ilana Tan

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Terbit: Cetakan VI, Juni 2009

Tebal: 320 halaman

Genre: Romance

ISBN: 978-979-22-3983-6

Harga: Rp. 40.000

Tetangga baruku, Nishimura Kazuto, datang ke Tokyo untuk mencari suasana baru. Itulah katanya, tapi menurutku alasannya lebih dari itu. Dia orang yang baik, menyenangkan, dan bisa diandalkan. Perlahan-lahan—mungkin sejak malam Natal itu—aku mulai memandangnya dengan cara yang berbeda. Dan sejak itu pula rasanya sulit membayangkan hidup tanpa dia.

Keiko tentang Kazuto

 

Sejak awal aku sudah merasa ada sesuatu yang menari dari Ishida Keiko. Segalanya terasa menyenangkan bila dia ada. Segalanya terasa baik bila dia ada. Saat ini di dalam hatinya masih ada seseorang yang ditunggunya. Cinta pertamanya. Kuharap dia bisa berhenti memikirkan orang itu dan mulai melihatku. Karena hidup tanpa dirinya sama sekali bukan hidup.

Kazuto tentang Keiko


Mereka pertama kali bertemu di awal musim dingin di Tokyo. Selama sebulan bersama, perasaan baru pun mulai terbentuk. Lalu segalanya berubah ketika suatu hari salah seorang dari mereka terbangun dan sama sekali tidak mengingat semua yang terjadi selama sebulan terakhir, termasuk orang yang tadinya sudah menjadi bagian penting dalam hidupnya..

 

Masih ingat teman Tatsuya yang tinggalnya di Tokyo, tetangga apartemennya itu loh yang bisa bahasa Indonesia, sekaligus orang yang waktu itu menelepon Tara, memberitahunya kalau Tatsuya sedang koma. Yup, Keiko. Ishida Keiko tepatnya. Gadis belasteran Indonesia –Jepang ini akan mengisi cerita dimusim selanjutnya, ya Winter in Tokyo 😀

Keiko, gadis yang penuh dengan imajinasi akan rasa takut yang berlebihan pada gelap. Malam ketika pulang dari bekerja di perpustakaan ia diberitahu oleh Haruka jika ada penghuni baru di apartemen mereka, orang baru itu akan menempati ruang 201, bersebelahan dengan ruang Keiko 202. Anehnya adalah orang yang baru pindah dari New York itu tidak pernah muncul lagi setelah kepindahannya ke apartemen. Karena penasaran, takut-takut terjadi sesuatu dengan tetangga barunya, Keiko mengendap-ngendap kesebelah ruangannya, menguping kalau-kalau terdengar suara, tapi setelah dicek tak ada suara apapun, sangat hening. Tapi siapa sangka, orang yang tinggal di apartemen itu tiba-tiba keluar, tanpa Keiko menyadarinya, akibatnya gadis itu tersungkur ke depan saat pintu apartemen itu dibuka oleh seorang laki-laki. Namanya Nashimura Kazuto, seorang fotografer pindahan dari New York.

Cerita dalam novel ini berkisah tentang orang-orang yang mengenang masa lalunya, seperti Keiko yang masih mengenang masa SD, ketika ia pertama kali berjumpa dengan cinta pertamanya, Kitano Akira. Sementara Nashimura Kazuto mengenang masa-masanya ketika masih di New York, ia sengaja ke Tokyo untuk melupakan kesedihannya karena Yuri, orang yang dicintainya akan menikah dengan sahabatnya.

Keiko dan Kazuto adalah dua orang yang pada akhirnya akan saling tertarik, karena kebersamaan mereka yang cukup sering, apalagi apartemen mereka bersebelahan. Ketika mengajak Keiko untuk menemaninya keliling kota Tokyo pun, Kazuto diam-diam mengambil gambar Keiko. Dari situlah ia menyadari telah menyukai Keiko dan akhirnya dengan mudah melupakan Yuri. Keiko yang masih setia menunggu cinta pertamanya tetap melihat Akira sebagai sosok laki-laki yang diidamkannya.

Tanpa sengaja akhirnya Keiko bertemu dengan sosok cinta pertamanya itu di rumah sakit, ketika ia sedang berobat. Akira menadi seorang dokter yang sebelumnya pernah bertemu dengan Kazuto di halte saat hujan deras, mereka berdua ternyata sahabat baik saat SMP. Namun Keiko belum mengetahui kebenaran itu.

Semuanya mulai berubah ketika malam natal tiba. Tanpa sadar Keiko mulai menyukai Kazuto, dan tak lagi memikirkan Akira. Namun naas ketika Kazuto ingin mengungkapkan perasaannya pada Keiko, ia mengurungkan niatnya karena kereta sudah mulai melaju. Sepulang dari mengantar Keiko ke stasiun, Kazuto dicegat preman yang dulu pernah berkelahi dengannya saat menolong Haruka, saat itu Kazuto berhasil mengalahkan pria itu, tapi sekarang pria itu membawa sekelompok preman untuk menghajarnya. Sial sudah, Kazuto babak belur dan tak berdaya hingga dilarikan ke rumah sakit.

Kejadian itu tidak ada yang mengetahuinya, termasuk Keiko, Haruka, dan semua penghuni apartemen, karena Kazuto sama sekali belum pulang berhari-hari, hingga membuat Keiko cemas bukan main.

Setelah sekian lama tak ada kabar, di acara reuni SMP, Keiko dan Kazuto akhirnya bertemu. Tetapi Kazuto tidak mengenali Keiko, ya… Kazuto hilang ingatan sebagian memorinya, memori satu bulannya selama di Tokyo. Keiko terkejut akan hal itu, ditambah lagi ia melihat Kazuto datang bersama seorang gadis yang pernah diceritakan Kazuto kepadanya, Yuri.

Terang saja Kazuto lupa pada Keiko dan semuanya yang pernah terjadi diantara mereka, termasuk ungkapan yang pernah ingin ia ucapkan
pada gadis itu. tapi tunggu dulu… ada yang berbeda… Kazuto merasa lain, rasa ingin terus melihat Keiko selalu menelisik hatinya, ada sesuatu yang berbeda saat melihat gadis itu, meskipun ia tak ingat apa-apa. Apa memang ada sesuatu dalam hatinya pada Keiko? Apa hatinya tidak hilang ingatan? Tapi… ia tidak kenal Keiko. Lalu kebenaran apa yang sebenarnya terjadi tiga belas tahun yang lalu itu, ketika Keiko melihat cinta pertamanya…

“Kenapa harus takut gelap kalau ada banyak hal indah yang hanya bisa dilihat sewaktu gelap?” – Kazuto (page 68)

Nah, terlalu panjang lebar ya review saya..hehehh.. lanjutkan oleh anda sendiri kalau penasaran dengan ceritanya :p

Kisahnya lumayan seru, gak kalah seru dengan novel-novel musim sebelumnya Summer dan Autumn. Tinggal satu lagi nih, Spring in London, kira-kira tokoh siapa yang akan menjalani musim semi itu, kisah apa lagi ya? penasaran ><

Aku kasih 4 bintang untuk Winter in Tokyo.

Serius pengen banget ke Tokyo~~

Advertisements

One thought on “Winter in Tokyo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s