My Name is Kim Sam Soon

Judul Buku: My Name Is Kim Sam Soon
Penulis: Ji Su Hyun
Penerjemah: Lastin Darmokusumo
Penerbit: Penerbit Haru
Terbit: Cetakan I, Juni 2012
Tebal: 384 halaman
Genre: Romance, Comedy
ISBN: 978-603-98335-9-8
Harga: Rp. 55.000,-

“Bagi wanita berusia 30 tahun, lebih mungkin terkena ledakan bom atom daripada menemukan pria yang tepat.”
Meski beratku naik 12kg setelah pacarku memutuskanku malam Natal tahun lalu, namun wajahku tidak jelek. Pekerjaanku juga cukup baik. Dan yang terpenting, aku masih berumur 29 tahun! Aku harus semakin banyak mengikuti acara perjodohan. Sore ini aku akan bertemu seorang pria di sebuah kedai kopi hotel.

Benar, jika sudah 30 tahun, putus sudah harapan untuk mendapat kekasih!
– Kim Sam Soon –

Wanita itu benar-benar jorok. Ia juga tampak sangat menyedihkan. Dan coba tebak apa yang ia lakukan sejak ditinggal kencannya sore tadi? Wanita itu berjalan tak tentu arah selama tiga jam−memakai sepatu hak tingginya dengan terpincang-pincang, lalu duduk sendirian di pojangmacha dan memakan apa saja seperti binatang kelaparan.
– Jang Do Young-

**

Sejak tahun lalu aku sudah penasaran banget dengan novel ini, namun begitu sudah dapat pinjaman novelnya.. entah mengapa antusiasku mengendur. Mungkin karena sudah terlalu lama berharap dan sudah banyak novel-novel genre K-Iyagi yang ku baca. Jadi, tidak ada kesan ingin cepat-cepat membacanya xD

Novel ini adalah kisah cinta yang diawali dari benci, dari sekedar hanya pura-pura pacaran dengan ikatan kontrak karena alasan uang, lalu akhirnya pacaran sungguhan lantaran tumbuh benih-benih cinta dari kepura-puraan tersebut.
Laki-laki kaya, perempuan miskin. Adanya pihak ketiga dari laki-laki, yaitu cinta pertamanya. Begitu juga sebaliknya dari pihak perempuan. Karakternya pun sudah bisa ditebak, laki-laki kaya biasanya angkuh, sok berkuasa karena kaya (ya iyalah). Perempuan miskin biasanya galak (lebih karena mempertahankan harga diri sih). Tapi, mudah putus asa dan bodoh.

Sudah tidak asing lagi kan? inti novelnya seperti ini.Haha. Maaf menjurus spoiler :p

Yang menurutku sedikit menarik dari novel ini adalah tema yang diangkat dari nama Kim Sam Soon.
Kim Sam Soon bagi warga Korea adalah nama yang kampungan, Kim sam Soon sendiri sangat tidak terima dengan nasibnya. Usianya sudah hampir 30 tahun, tapi ia belum juga menikah. Acara perjodohan pun sudah sering dilakukannya, namun setiap laki-laki yang ditemuinya selalu merasa keberatan dengan nama Kim Sam Soon, bahkan ada yang tega mentertawai namanya. Karena alasan itupun Kim Sam Soon ingin sekali mengganti namanya, tapi ibunya jelas melarang.
Benar sekali, nama itu kan seperti doa, apalagi sudah diberikan oleh orangtua. Pernah dengar juga sih, disetiap nama itu ada arti, bahkan terkadang nama itu menentukan nasib kita. Yap, memang benar, seperti yang dialami Kim Sam Soon ini. Gara-gara namanya ingin berganti menjadi Kim Hye Jin−direkturnya yang bernama Jang Do Young itu merasa keberatan, ternyata ada sesuatu dibalik nama itu.

Lalu bagaimana sih pertemuan Do Young dengan Sam Soon terjadi? Hadoh, mesti ya−aku−tuliskan?
Gini nih, Do Young itu juga ternyata selalu mengikuti perjodohan, bedanya dia tidak suka dengan perjodohan itu, jadi sebisa mungkin Do Young akan membuat pasangan perjodohannya itu tidak menyukainya. Sangat berbanding terbalik dengan Sam Soon yang ingin sekali pasangan jodohnya itu menerimanya.

Pertemuan di kedai, di toilet laki-laki yang tidak sengaja. Dan seterusnya… tanpa sengaja bertemu kembali di kursus mengemudi. Do Young yang ingin menyeret adiknya pulang ke rumah karena diperintah ibunya−harus merayakan ulangtahun keponakan mereka yang masih berumur 8 tahun. Ternyata saat itu ada Kim Sam Soon yang sedang belajar menyetir oleh Do Jin, adiknya Do Young. Pertengkaran kecil pun terjadi karena mengingat insiden di toilet dulu, lalu kue ulang tahun yang dibawa masing-masing tertukar dan harus membuat mereka akhirnya bertemu lagi.
Karena saat itu toko kue Do Young kehilangan Patissier, ia berniat merekrut patissier baru, namun belum ketemu juga penggantinya, sampai akhirnya Do Young mengetahui bahwa kue yang tertukar itu buatan Kim Sam Soon, rasanya enak. Jadi karena itulah Kim Sam Soon bisa bekerja di toko kue Do Young.

Meskipun tidak akur lantaran sering bertengkar, Do Young tertarik untuk mengajak Sam Soon bekerjasama. Dia memilih Sam Soon yang tidak menyukainya untuk pura-pura menjadi pacarnya, agar ia tidak harus terus-terusan mengikuti perjodohan yang direncanakan ibunya.
Awalnya Sam Soon menolak karena dia baru saja patah hati karena pacarnya memutuskannya sepihak dan memilih teman SMAnya. Tapi, tidak lama akhirnya Kim Sam Soon menyetujuinya dengan bayaran 50 juta won.
Apa ya yang membuat Kim Sam Soon setuju? Baca sendiri ya XD

Novelnya cukup tebal, tapi alurnya terasa cepat sekali. Cukup banyak typo juga, tapi tidak terlalu mengganggu. Covernya seperti biasa selalu unyu dan menarik x)

Inti dari cerita ini sih sebenarnya adalah jangan mudah berburuk sangka.
Apa yang menurut kita buruk, bukan berarti buruk juga di mata orang lain. Dan apa yang menurut kita baik, bukan berarti baik juga di mata orang lain. Iya kan? Hee x)

Well, novel ini cukup menghibur. tapi, kali ini aku lebih mengambil pesan moralnya saja, yaitu Jangan menilai seseorang hanya pada saat itu saja : )

Aku kasih 2 bintang untuk Kim Sam Soon

Tentang Penulis
Ji Su Hyun lahir pada tanggal 25 Juli 1973.
Karya pertamanya, “Kakak dan Aku, dia dan Aku” mulai dipublikasikan di internet pada Februari 2001.
Karyanya yang lain:
1. Nunawa Na, Heugeun Geu Nyeoseokgwa Na
2. Moraengsong-eui Phureun Dal
3. Haeyeolje
4. Byeolcheoroem Bancakida
5. Taipan-eui Yeoja
6. Dangsin-gwa nai 4321il
7. Yeonim-Nae Saranghaneun Saram
8. Ps. Mianhamnuda, dll

E-mail: gsh0725@hanmail.net

Advertisements

One thought on “My Name is Kim Sam Soon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s