The Mark Of Athena #3


Judul Buku: The Mark Of Athena #3
Penulis: Rick Riordan
Penerjemah: Reni Indardini
Penerbit: Noura Books (Mizan Fantasi)
Genre: Fiksi, Fantasi
Terbit: Cetakan I, Oktober 2012
Tebal: 604 halaman
ISBN: 978-979-433-740-0
Harga: Rp 79.000,-

Ikuti Tanda Athena.
Balaskan dendamku

Rencana Annabeth menjemput Percy dengan damai ternyata gagal dilakukan. Leo mengacau dan membuat Perkemahan Jupiter memburunya. Namun, misi Ramalan Tujuh haeus tetap dilaksanakan. Dibayangi kejaran para mata-mata dan pasukan demigod Roma, Percy, Frank, Hazel, Jason, Piper, Leo, dan Annabeth tetap berusaha mencegah rencana jahat Gaea, berlayar menuju negeri kuno di Roma.

Dalam perjalanan penuh tantangan itu, Annabeth yang baru saja merasakan sedikit kebahagiaan setelah bertemu Percy, menyimpan kegalauan. Titah sang Ibu, Athena, untuk mengikuti tanda Athena dan menghancurkan Roma terus membebaninya. Haruskah dia mengkhianati Percy dan teman-teman Rima barunya demi mengikuti Tanda Athena?

Bersama empat narator, Mark of Athena akan membawa kita ke dalam petualangan melintasi angkasa dan samudra yang penuh jebakan dan teror mengerikan.

“Buku ini akan membuat kalian melupakan Hunger Games… kau tidak akan bisa berhenti membacanya.” – Team Leo, Amazon.com
**

Dalam novel ini ada tujuh demigod yang bertualang mengarungi samudra Atlantik dari Perkemahan Jupiter menuju negeri kuno di Roma. Perjalanan ini semata-mata untuk mengikuti tanda Athena, mencari sesuatu yang dulu direbut oleh bangsa Romawi dari Yunani.

Yang merencanakan segala sesuatunya adalah Gaea, sebelum dia bangun–anak-anaknyalah yang menghadapi para demigod, si kembar raksasa Ephialtes dan Otis, serta Phorcys dan Keto. Dan sebelum menghadapi mereka banyak juga para monster dan raksasa yang merintangi jalan Annabeth dan kawan-kawan.

Sebelum itu terjadi, Annabeth yang berlayar ke Roma baru untuk berunding dengan bangsa Romawi (berhadapan dengan Reyna, mantan koleganya yang sekarang menjadi bagian dari demigod adalah Jason. Karena dulu Hera yang menculik Percy untuk barter dengan Jason.

“Ada aroma pengkhianatan dalam semua ini,” – Octavian (page 31)

“Ada legenda lama yang disampaikan turun-temuun selama berabad-abad oleh praetor Perkemahan Jupiter. Jika benar, mungkin legenda tersebut dapat menjelaskan apa sebabnya dua kelompok demigod tak pernah bisa bekerja sama. Mungkin itulah sebabnya kita bermusuhan. Menurut legenda, sampai perselisihan lama tersebut dituntaskan, bangsa Romawi dan Yunani takkan pernah berdamai. Nah, legenda itu berpusat pada Athena–” – Reyna (page 44)

Dalam perundingan itu malahan Leo salah satu demigod yang merupakan teman Annabeth menembaki Perkemahan Jupiter dengan Argo II. Hal ini memicu memicu peperangan lagi antara Yunani dan Romawi–yang nampaknya akan terus berlanjut dan tanda Athena pun benar-benar harus diikuti.

Sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang orang ketiga dengan empat narator, yaitu Annabeth, Percy, Leo, dan Piper.
Aku suka bagaimana keempat narator tersebut bisa menggambarkan ketiga tokoh yang lain, seperti Jason, Hazel, Frank, tak lupa juga pak Pelatih Hedge, yang perannya sama-sama kuat dan saling melengkapi.
Secara subjektif aku paling suka dengan tokoh Annabeth, Percy, dan Leo. Untuk pasangan Annabeth dan Percy–jelaslah mereka pasangan heroik, yang bikin iri :p
Kalau Leo–dia tuh konyol abis. Pedean, ceplas-ceplos, paling ngehibur kalau baca bab yang naratornya dia. Apalagi saat petualangannya bersama Hazel bertemu Ny. Narcissus. Leo membentuk tim sendiri untuk mengalahkan kenarsisan Narcissus–dengan tato di lengannya serta kaus yang dikenakannya bertuliskan COWOK KEREN, JAGOAN, dan TIM LEO. LOL XD

Yang paling disayangkan adalah tokoh Reyna yang dari awal muncul, namun sampai di akhir tidak ada ceritanya lagi. Disinggung-singgung pun hanya sedikit. Apa memang kemunculannya akan ada lagi di seri ke 4? Well, kita tunggu saja seri selanjutnya πŸ˜€ penasaran dan gak sabar.
Meskipun belum baca seri #1 dan #2 tapi tidak membuat bingung langsung loncat ke seri #3.

Dari segi cover bagus, gak kalah dengan cover aslinya.

Dari ukuran font dan terjemahan juga rapih. Typo hanya ada satu,dua, itu pun tidak terlalu mengganggu.
Novel ini memang pantas jadi bestseller πŸ˜€

Aku kasih 5 bintang untuk demigod.

Quotes yang kusukai:
“…Nasib mujur cuma bualan. Roda keberuntungan layaknya arisan beruntun. Kesuksesan sejati menuntut pengorbanan.” – Nemesis (page 75)

“…bahwa orang-orang melihat hal yang ingin mereka lihat. Mereka tidak butuh Kabut untuk membengkokkan persepsi mereka.” (page 416)

“Menjadi pahlawan bukan berarti tidak terkalahkan. Menjadi pahlawan artinya berani berjuang dan melakukan apa saja yang harus dilakukan.” – Piper (page 492)

“Itulah gunanya teman. Kita semua punya kekuatan yang berbeda-beda. Bersama-sama, kita akan memecahkan segalanya.” – Piper (page 492)

Tentang Penulis:
Richard Ruseell “Rick” Riordan, Jr., lahir di San Antonio, Texas, 5 Juni 1964. Dia adalah penulis seri Percy Jackson and the Olympians, Kane Chronicles, dan The Heroes of Olympus. Dia lulus dari Universitas Texas di Austin pada 1986, tempat dia mendalami Bahasa Inggris dan Sejarah. Selama lima belas tahun, dia mengajar di sekolah-sekolah di California dan San Antonio. Rick sangat suka membaca, berenang, bermain gitar, dan bertualang bersama keluarganya. Dia juga suka menemani anaknya bermain video games.

Saat ini lebih dari 30 juta eksemplar karyanya telah terjual di Amerika Serikat dan diterbitkan di lebih dari 35 negara di dunia. SEkarang Rick Riordan menjadi penulis full time. Dia tinggal di San Antonio bersama istri dan dua anaknya.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang Rick Riordan dan para demigod, kunjungi http://www.rickriordan.com

Advertisements

2 thoughts on “The Mark Of Athena #3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s