Restart

Judul: Restart

Penulis: Nina Ardianti

Terbit: Cetakan IV, 2013

Penerbit: GagasMedia

Genre: Romance, Metropop

Tebal:  x + 446 halaman

ISBN: 979-780-631-6

Harga: Rp 55.000 (Beli di bukabuku.com Rp 44.000)

Semua orang pernah patah hati.

All you have to do is move on.

Aku selalu mengira tak akan bisa hidup tanpa cintanya.

Aku lupa, semua luka perlahan-lahan akan sembuh juga.

Biarkan saja waktu yang jadi obatnya.

Saat itu akan tiba, ketika aku benar-benar menerima

kenyataan bahwa kini tak ada lagi ‘kita’.

Sekarang hanya aku, minus dirinya. Dia pergi terlalu lama

dan aku terlalu bodoh terus-terusan memikirkan dirinya.

Aku bisa hidup tanpa kenangan dan senyumannya.

Kalau sebelum mengenal dia saja aku bisa bahagia,

Apa bedanya bahagia setelah tanpa dirinya?

Aku pasti akan jatuh cinta lagi. Suatu hari nanti…

dan dengan yang lebih baik dari dirinya.

Review:
Seorang Banker bernama Syiana Alamsjah baru saja patah hati karena memergoki pacarnya selingkuh dengan wanita lain. Yudhaadalah nama lelaki yang hampir menjadi pasangan hidupnyaitu.

Tidak perlu waktu lama untuk membuat keputusan, karena Syiana akhirnya memutuskan untuk berpisah dengan Yudha.

Selang waktu beberapa bulan, tidak disangka kepergiannya ke Hongkong untuk Asia Banking Award bersama rekan kerjanya Aulia, mempertemukannya kembali dengan Yudha, itupun setelah acara selesai. Syiana yang tidak mau bertemu dengan lelaki itu–pergi begitu saja diantara pertemuan tak terduga dengan teman-temanya.

“How can I move on when I’m still in love with him?” (page 31)

Selanjutnya sih, aku tidak terlalu melihat tokoh Yudha berperan banyak, meskipun dia masih mengejar-ngejar Syiana dengan mengirimkan bunga setiap hari dan mengajak bertemu sekali untuk memberikan penjelasan, tapi itu tidak memberikan kesan yang lebih dalam bagi hubungannya dengan Syiana, IMO.

Mungkin karena tema novel ini tentang move on, jadi ceritanya berkaitan dengan perjalanan cinta Syiana pasca putus dari Yudha. Nah, Yudha-nya itu nggak terlalu berpengaruh dengan cerita ini. Well, meskipun hatinya Syiana sih masih sakit dan trauma dengan kegagalan cintanya, tapi memang aku nggak dapet feelnya tokoh Yudha ada.

“I was fine before you came into my life, Pratama Yudha Sjahrizal. And I bet I’ll be just fine without you in it again,” – Syiana (page 211)

Sekarang bagaimana ceritanya Syiana mau move on? Singkatnya, Syiana bertemu dengan Ferdian Arsjad–yang bagi Syiana—dia cowok yang ganteng dan seksi abis—tapi ngeselin itu karena menuduhnya mengajak minum sahabatnya waktu di bar Hongkong dulu.

Seperti benang takdir, mereka bertemu kembali. Ceritanya Bank tempat Syiana bekerja membutuhkan semacam brand ambassador untuk produk Bank-nya, ya semacam nyanyi di acara musik seperti Mandiri Fiesta-lah, tapi ini Bank—apa ya—lupa, pokoknya fiksi.

Syiana yang bertugas mengordinir itu malah nggak tahu siapa Ferdian Arsjad dan apa itu Dejavu. Yap, ternyata Ferdian Arsjad ini gitaris dari band Dejavu yang terkenal pake banget di Indonesia. Selain itu, Ferdian bikin Syiana cukup uring-uringan juga karena lelaki itu tiba-tiba saja mendekatinya. Pesona Ferdian tidak bisa ditolak meskipun selalu bikin Syiana kesal. Sahabatnya Edyta mendukung penuh jika Syiana dekat dengan Ferdian, Aulia pun demikian.

Namun, nggak mudahlah… Ferdian itu kan artis yag digilai para cewek, entah itu ibu-ibu apalagi remaja. Ditambah lagi dengan mantan pacarnya yang cantik banget, sama-sama artis pula. So, inti ceritanya sih, Restart lebih ke hubungan baru Syiana dengan Ferdian, mau jadian atau nggak?

Ya, gitu-gitu, deh… ceritanya biasa aja, nggak ada konflik yang bikin menguras emosi. Enjoy bangetlah bacanya, apalagi gaya tulisannya itu kayak curhat, pake kata-kata nggak baku semua.

Kalau aku sih cukup kaget juga, baru pertama kali baca novel dengan gaya tulisan seperti itu, dan pertama juga baca karyanya Nina Ardianti. Awalnya sih kurang nyaman, sempet nunda-nunda baca juga karena sedikit ngebosenin. Novelnya cukup tebal, tapi nggak dapet bobot ceritanya.

Sedikit banyak typo, mungkin karena bahasanya nggak baku jadi mudah terlewat typo EYD itunya ya.

Dan, entah kenapa aku merasa geli dengan nama Aulia, aku pikir tuh cewek, eh ternyata cowok. Untungnya sih nggak kemayu, bener-bener cowok normal-lah, Aulia : )

Makin kesini, ya lumayan nempel tokoh Syiana dan Ferdian ini—yang buat aku cukup suka.

Kalau kamu yang baru aja putus cinta, bingung mau harus bagaimana… move on aja! Baca Restart, bacaan ringan dan menyegarkan 😀 nggak menye-menye kok.

Oya, novel restart ini tahun kemarin dapet penghargaan Anugerah Pembaca Indonesia di acara IRF 2013. Wuih, keren ya… Congrats buat mbak Nina 😀

Aku kasih 3 bintang untuk si ratu drama Edyta, sahabatnya Syiana 😉

Quotes yang kusuka:

“Seandainya saja mematikan perasaan bisa semudah mematikan sambungan telepon, hidupku pasti akan jauh lebih mudah.” (page 156)

“A woman’s gotta do what she’s gotta do,”- Ferdian (page 204)

“Nggak usah takut sama cobaan, masalah, atau apa pun itu. Karena ketika kalian sudah menemukan orang yang tepat untuk berbagi beban dan kebahagiaan, naik dan turunnya hidup—percayalah, berada di bawah itu akan sama rasanya seperti ketika kita berada di atas. Senang dan susah hanyalah fase dalam hidup yang akan segera berganti.” (Page 407)

About Author:

By day, a treasury banker. By night, a struggling writer. A hopeless romantic. Dreaming and breathing romance books and movies. A shameless fangirl, easily distracted by internet world (damn you, pop culture!)

Could be reached by e-mail:

Nina.ardianti@gmail.com or Follow her on Twitter:

@NinaArdianti

Oh, if you’re looking for the least important thing on earth, please visit http://ninaardianti.com

At your own risk, of course.

Advertisements

6 thoughts on “Restart

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s