[Blog Tour Haru: Review & Ask Author] Simple Thinking About Blood Type

Judul Buku: Simple Thinking about Blood Type

Penulis: Park Dong Sun

Penerjemah: Achie Linda

Terbit: Cetakan I, Desember 2013

Penerbit: Penerbit Haru

Genre: Non Fiksi, K-Toon

Tebal: 262 halaman

ISBN: 978-602-7742-25-3

Harga: Rp 58.000

Rating: 3,5/5 Bintang


Click!

source image: here

You are what your bleed

Simple Thingking About Blood Type adalah buku yang menceritakan tentang tingkah polah manusia pada umumnya, hanya saja tampak unik lantaran para tokoh di sini punya golongan darah yang berbeda.

Kartun berwarna biru ini mengisi lembar demi lembar yang full color, dijamin nggak bikin bosan.

Kalau di negara Barat orang-orang lebih percaya astrologi seperti zodiak untuk mengetahui kepribadian seseorang, lain halnya dengan di negara Asia yang lebih mempercayai bahwa kepribadian seseorang itu dilihat dari golongan darahnya. Yang paling mempopulerkan ini adalah negara Jepang dan Korea, di Jepang sendiri mereka menyebutnya Ketsueki Gata.

Dalam buku ini, pembaca akan disuguhkan empat bab cerita, sebagai berikut:

  1. Mengetahui sifat seseorang melalui golongan darah
  2. Hubungan sosial antargolongan darah
  3. Cerita seru golongan darah
  4. Diary bergambar si cowok gila

Bukunya sangat menghibur, banyak benarnya, tapi tidak sedikit juga yang melenceng. hehe

Menilai sifat seseorang dari golongan darah memang menarik, meskipun di dunia ini hanya ada empat golongan darah saja, yaitu A-B-AB-O. Tapi, sifat manusia itu berbeda-beda, walaupun secara alami memang banyak yang setipe. Mungkin semakin banyak perbedaan itu karena banyaknya faktor-faktor lain, seperti lingkungan, pendidikan, kondisi ekonomi, dan lain-lain. Dengan bumbu-bumbu seperti itu, sifat dasar atau alami manusia akan jadi bermacam-macam. Namun, dengan melihatnya dari sisi golongan darah ternyata menarik sekali untuk diteliti.

source image: here

Seperti yang saya baca dalam buku ini, ternyata sifat-sifat saya dan orang-orang di sekeliling saya banyak yang menyerempet benar. Setiap kali membaca golongan darah yang berbeda langsung terbayang teman saya si X, si Y, dan si Z. x)

Bahkan saya bisa menebak golongan darah teman saya, sebelum ia sempat memberitahunya. Karena memang dari kesehariannya, saya sudah tahu kepribadiannya. Sangat cocok! Tapi, jangan sekali-kali bertanya pada orang yang belum dikenal ya, karena penulisnya saja bilang:

“Menurutku, tidak baik bila tiba-tiba menanyakan golongan darah seseorang saat pertama kali bertemu. Kuharap kita tidak berpendapat bahwa kepribadian seseorang semata tergantung pada golongan darahnya.” (page 97)

Yap, benar sekali! Jangan langsung menjudge seseorang dari golongan darahnya, biarlah golongan darah itu hanya rambu-rambu, persiapan menjaga hal-hal yang tak terduga.

Berikut ini saya paparkan sedikit mengenai karakteristik tiap golongan darahnya:

Pertama, dari saya sebagai golongan O: jujur, tegas, gigih untuk menang, semangat hidup sangat kuat, ingin tahu, suka mengatur, idealis sekaligus realistis. (Buat saya semuanya benar,haha -.-” tapi untuk teman saya ada yang benar ada yang tidak~~)

Golongan darah A: bertanggung  jawab, rasa peduli yang tinggi, hidup teratur dan taat, sangat berhati-hati, mudah pesimis, sabar, dan baik hati.

Golongan darah B: tidak suka melakukan sesuatu secara teratur, suka mengutarakan pikirannya secara bebas, berpikiran terbuka, jujur dan tulus dalam pergaulan, optimis, tidak mudah terpengaruh oleh keadaan sekitar dan apatis terhadap masalah di sekitarnya, hidupnya santai. (mirip kakak saya yang golongan darahnya juga B). Suka envy dengan golongan darah ini karena hidupnya santai banget kayak di pantai, nggak suka ambil pusing hidup.

Golongan darah AB: aneh, suasana hatinya sering berubah-ubah, realistis, dingin sekaligus objektif.

 

Selain itu, ada cerita seru saat ABO ini belajar:

source image: here

Nah, itu baru sebagaian yang mewakili sifat masing-masing golongan darah. Untuk lebih lengkapnya, baca saja bukunya^^!

Nggak usah khawatir bagi yang kesulitan mencari bukunya di toko buku, pembaca sekalian bisa dapetin buku ini di owlbookstore.

Oya, saya juga punya kabar gembira buat kamu yang sudah membaca buku ini. Karena di bulan Juli 2014, buku kedua Simple Thinking About Blood Type akan terbit. Yayy!! Pastinya lebih seru dan asyik buat dibaca.

Jangan sampai ketinggalan lho, karena apa? karena yang PO di owlbookstore bisa dapetin tandatangan penulisnya, Park Dong Sun 😀

Ngomong-ngomong soal penulisnya, saya ingin flashback ke tahun lalu tepatnya bulan Desember 2013. Ada yang tahu, apa hubungannya bulan Desember dengan Park Dong Sun? Yap, meet and greet Park Dong Sun dengan pembaca di Indonesia.

Event ini keren sekali yah, bisa bawa penulis Korea mampir ke Indonesia buat bertemu pembaca di tanah air. Bagi yang kangen atau belum tahu tentang meet and greet tahun lalu, berikut ini saya punya foto eksklusifnya dari Penerbit Haru:

  

Daebak Penerbit Haru!!

Kelihatan seru dan asyik, ya, sama seperti bukunya. XD

Sayang banget, waktu itu saya tidak bisa ikut hadir dalam acara ini, karena lokasinya yang jauh. Maklum, saya tidak tinggal di Jakarta.

Well, masih belum puas lihat foto-fotonya? Saya akan paparkan interview dengan Park Dong Sun nih, yang diwakilkan oleh Penerbit Haru. Pasti pembaca semuanya punya pertanyaan-pertanyaan yang terus terngiang, siapa sih Park Dong Sun ini, gimana dia bisa nulis komik ini? Nah, saya pun demikian, saya penasaran banget. Beruntung, Penerbit Haru pengertian sekali, baik banget mau berbagi hasil interviewnya dengan Park Dong Sun. Berikut ini beberapa hasil interviewnya 🙂

  1. Dari manakah Anda mendapatkan inspirasi saat membuat Simple Thinking about Blood Type?

                Saya mendapatkan inspirasi ketika mendengarkan cerita dari seorang junior saya. Jadi ceritanya, saat semua sedang berkumpul untuk makan tiba-tiba si junior yang bergolongan darah AB berdiri dan pergi begitu saja, kemudian si golongan darah O karena penasaran pergi mengikutinya. Si golongan darah A yang melihat hal tersebut berpikir kalau itu semua karena dirinya. Saya akhirnya bertanya pendapat si golongan darah B tetapi si golongan darah B tidak tertarik sama sekali. (Kisah ini bisa dilihat di halaman 137 Simple Thinking about Blood Type)

  1. Apa riset yang Anda lakukan untuk membuat Simple Thinking about Blood Type? Apakah Anda punya latar belakang medis?

Ada satu hal yang harus saya sampaikan kepada orang-orang yang membaca komik Simple Thinking about Blood Type, bahwa buku ini bukanlah buku ilmiah. Saya berharap cerita dalam “Simple Thinking about Blood Type” tidak dipercayai begitu saja. Sebaiknya dibaca hanya sebagai hiburan. Oiya, saya adalah lulusan dari sekolah desain visual. 

  1. Selain sebagai komikus apakah Anda memiliki pekerjaan lainnya?

Seperti anak muda di Korea saya juga pernah melamar pekerjaan. Sesekali saya mendesain iklan di Koran dan saya juga bekerja di perusahaan web design. Sampai tahun 2011 selama 3 tahun saya mengajar kesenian di SMA tetapi karena saya memutuskan untuk menggambar komik jadi saya berhenti pada pekerjaan itu. Sekarang tidak ada pekerjaan lainnya.

  1. Apabila bertemu dengan orang baru, apakah Anda bisa menebak apa golongan darahnya dengan tepat?

Secara pribadi, menurut saya… akan tidak sopan jika menerka-nerka sifat lawan bicara hanya berdasarkan golongan darah sehingga saya harus berhati-hati akan hal itu. Terkadang ada juga pembaca yang baru saya temui menyuruh saya menerka golongan darahnya, tetapi dugaan saya salah. Orang-orang disekitar saya juga mencoba menebak-nebak golongan darah orang lain, tetapi kebanyakan salah.

  1. Anda pernah mengunjungi Indonesia, bagaimana pendapat Anda tentang Indonesia terutama Jakarta?

Saya iri dengan kebebasan orang Indonesia. Saya juga masih ingat makanan-makanan enak yang pernah saya makan di Indonesia.

  1. Bagaimana pendapat Anda tentang pembaca di Indonesia?

Saya sangat berterima kasih kepada para pembaca yang telah membaca komik saya. Saya sangat senang karena sepertinya saya mendapatkan simpati dari para pembaca.

Nah, gimana, puas banget,kan? Eh, masih belum puas? Tenang, tenang, jangan berhenti baca dulu, karena saya akan bagi-bagi buku Simple Thinking About Blood Type persembahan Penerbit Haru untuk 2 orang pemenang. Tapi, tunggu tanggal mainnya 17 Juni nanti, pantengin terus blog saya dan twitter/facebooknya Penerbit Haru, ya^^

Event blog tour ini juga diadakan oleh beberapa teman blogger saya, di sini!

Stay tuned terus di blog kami 🙂

7 thoughts on “[Blog Tour Haru: Review & Ask Author] Simple Thinking About Blood Type

  1. rizkorea says:

    aku golongan darah A,dan semua sifatnya bener banget sama kayak aku.Apalagi yang mudah pesimis.. huft~ aku juga bingung,gimana cara ngadepin sifat pesimis ini yang sering muncul tiba-tiba 😐
    hi kaka.. aku tunggu giveawaynya ya~ ^^

  2. Siti Muthma'innah (@iindetya) says:

    Ya, sifat seseorang itu berkembang seiring dengan perkembangan lingkungannya juga. Tapi setidaknya ada satu garis besar dari sifat yang dikemukakan 🙂 Sangat menghibur (saya prediksi dari respon banyak pembaca yg sudah baca komik eh novel ini)

Leave a Reply

