Just So Stories


Judul Buku: Just So Stories
Penulis: Rudyard Kipling
Penerjemah: Maggie Tiojakin
Ilustrasi & Desain Cover: Staven Andersen
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Genre: Dongeng Anak-anak
Terbit: Desember, 2011
Tebal: 160 Halaman
ISBN: 978-979-22-7803-3

Rating: 3 Bintang

ABOUT AUTHOR

Click this

Ada 12 Cerita yang disuguhkan dalam buku karya peraih nobel sastra ini. Di antaranya:
1. Kenapa Paus Tidak Bisa Memakan Manusia
2.Bagaimana Unta Mendapat Punuknya
3. Kenapa Kulit Badak Penuh Lipatan
4. Dari Mana Macan Mendapat Tutulnya
5. Kisah Si Anak Gajah
6. Tuntutan Seekor Kangguru
7. Asal-Muasal Armadilo
8. Surat Bergambar
9. Bagaimana Alfabet Dirumuskan
10. Kepiting dan Lautan Luas
11. Kucing Penyendiri
12. Entakan Kaki Kupu-Kupu

Dengan ilustrasi yang sangat unik dan bagus yang digoreskan Staven Andresen, buku ini menjadi mampu mengungkapkan isi cerita yang ditulis oleh penulis aslinya, Rudyard Kipling. Just So Stories memang sebuah dongeng klasik zaman dulu, tapi tidak membuat isi ceritanya kuno. Justru buku seperti ini tidak akan lekang oleh zaman. Dengan imajinasi yang luar biasa, Rudyard Kipling telah menghipnotis pembaca untuk mengiyakan dongeng-dongengnya itu seperti nyata.

Buku ini memang cocok sebagai pengantar tidur, mau dibaca anak-anak maupun orang dewasa tidak jadi masalah. Kalau saya sendiri yang membaca versi terjemahannya ini cukup bikin ngantuk… Entahlah, mungkin karena bahasa yang dipakai memang cukup klasik, ditambah puisi-puisi yang-wah, saya tidak bisa mendeskripsikannya-keburu pusing! Yang paling berkesan justru gambar-gambarnya 😉 ilustrasi yang hebat!

Di antara kedua belas cerita dalam buku ini, saya paling berkesan dengan cerita “Surat Bergambar” dan “Bagaimana Alfabet Dirumuskan”. Keduanya adalah cerita bersambung, yang jika dibaca salah satunya saja pasti akan rugi :p Kenapa saya terkesan dan cukup suka, karena saya bisa terkekeh dan manggut-manggut saat membaca ceritanya.

Singkat cerita, di zaman batu, ada seorang anak bernama Taffy yang sangat disayangi oleh orangtuanya. Ia anak yang baik dan ceria, serta memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Ketika Taffy dan ayahnya pergi mencari ikan, tombaknya patah, sehingga ayah Taffy tidak dapat menombak ikan lagi. Melihat hal ini, Taffy segera mencari ide, dan kebetulan sekali saat itu ia melihat ada orang asing dari suku Tewara yang lewat, kemudian diajaklah orang asing itu bicara.

Berhubung berbeda suku, bahasa Taffy ternyata tidak dimengerti oleh orang asing itu. Begitupun sebaliknya. Akan tetapi, komunikasi di antara mereka terjalin baik karena orang asing itu begitu ramah, sedangkan Taffy gadis yang ceria dan menyenangkan bagi si orang asing tersebut.   Melihat orang asing itu tampak kebingungan dengan bahasa yang dipakainya, Taffy pun menggambar. Ya, menggambar secara ringkas kronologis tombak ayahnya patah dan ia meminta orang asing ini untuk memberikan gambar ini pada ibunya, agar ibunya dapat mengambilkan tombak baru untuk ayahnya.  

Namun, siapa sangka… ibunya Taffy malah beranggapan lain dengan mengira orang asing itu telah membunuh suaminya, ayah Taffy dengan tombak. LOL

Dilihat dari gambarnya seperti itu…memang siapa pun pasti akan menyangka demikian, apalagi orang asing itu tidak bisa menjelaskan maksud gambar yang dibuat Taffy lantaran kendala bahasa.  

Kasihan sekali orang asing itu, dituduh pembunuh sampai ia dihukum dengan disiram lumpur oleh ibu Taffy dan teman-temannya.   Sebelum diadili lebih jauh, orang asing tersebut diminta untuk mempertemukan ibu Taffy dengan suami dan anaknya. Begitu sampai, kesalahpahaman pun akhirnya bisa diselesaikan.

Dengan asal-usul seperti itulah, akhirnya di pemancingan pada bab selanjutnya, ayah dan Taffy mempunyai ide untuk membuat sebuah tulisan, di mana setiap huruf berasal dari suara dan bentuk mulut ayah, Taffy, dan ikan.

Imajinasi yang luar biasa kan… dari A-Z memiliki alasan-alasan yang cukup masuk akal 😀    

Advertisements

2 thoughts on “Just So Stories

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s