Opini Bareng/ Karakter Tokoh Utama: Top 5 The Best Characters I Like


Halo, bertemu lagi dengan postingan Opini Bareng di bulan Februari, yang kali ini temanya membahas tentang Karakter Tokoh Utama. Bulan lalu saya sudah membahas mengenai Ekspektasi terhadap sebuah buku (di sini).  

Setiap orang punya kenyamanan masing-masing dalam memilih karakter tokoh utama yang disukai. Semua itu tergantung selera dan pendapat sehingga tidak ada yang salah dan benar dalam masalah ini. Baiklah untuk mempersingkatnya saya urutkan menjadi top 5 di bawah ini:

1. The Chemistry of Character

Karakter tokoh utama yang memiliki chemistry merupakan poin pertama yang saya sukai. Chemistry itu terjadi baik antar tokohnya maupun dengan dirinya sendiri (seperti nama, sifat, dan perilaku). Chemistry semacam itu membuat karakter menjadi kuat dan selalu saya ingat. Katniss Everdeen salah satunya, karakter tokoh utama dalam novel Hunger Games yang saya sukai.  

2. I Don’t Like The Weak Character

Saya tidak suka dengan tokoh utama yang terlalu menderita hingga ingin sekali terlihat dikasihani. Yang saya mau si karakter bisa kuat (bukan berarti sok tegar), intinya jangan mengemis rasa kasihan. Meskipun Katniss dalam Hunger Games dan Matteo Alacran dalam The House Of The Scorpion kayaknya sok tegar, tapi saya tidak bisa bilang tidak suka mereka. Mungkin karena karakter ini tidak lebay dengan kelemahannya makanya saya kasih jempol.  

3. The Character Can Resolve Conflicts

Karakter yang bisa menyelesaikan masalahnya sendiri adalah salah satu karakter yang kuat dan tidak mengemis rasa kasihan. Saya pernah membaca novel romance Indonesia yang si tokohnya lemah, ia menyelesaikan masalah dengan bantuan si penulis. Iya, deskripsi penulis rupanya menghilangkan rasa simpati saya pada si tokoh. Sebagai contoh:

“Setelah melewati masa sulitnya, akhirnya ia pun hidup dengan tenang dan bahagia.”

Oke, andaikan masalahnya sudah jelas saya ketahui, tapi kok tidak ada tindakan dari si tokoh untuk menyelesaikan masalah tersebut. Artinya, sangat minim dialog dan deskripsi aktif tentang perilaku si tokoh tersebut.  

4. The Character Have Evolved

Di awal si karakter utama tentunya baru dikenal sehingga pembaca belum menemukan konflik. Baru setelah melalui konflik, saya mengharapkan karakter mendapatkan suatu pengalaman baru menjadi lebih baik atau bahkan buruk dengan apa yang telah ia alami.

5. The Character’s Flaw

Saya yakin setiap cerita pasti memiliki konflik, tidak mungkin menulis cerita novel isinya bahagia terus. Jadi, untuk masalah si karakter utama yang sempurna secara fisik dan materi sebenarnya sah-sah saja. Coba bayangkan kalau tokoh itu artis–memiliki masalah yang begitu berat, berarti itulah kelemahannya. Entah itu masalah yang ada pada diri sendiri (ketidaksempurnaan sifatnya) maupun dari luar lingkungannya. Ya, pokoknya saya yakin seorang penulis pasti pintar meramu porsinya dengan tepat. Tidak memaksakan egonya hingga rela ditinggalkan pembaca. Seorang karakter utama yang berani berbuat kesalahan dan memiliki kekurangan adalah sebuah peluang untuk menghidupkan cerita yang menarik bagi pembaca. Fisik boleh jadi sempurna tapi konflik tidak ada yang serba sempurna, kan.  

Sementara itu, untuk karakter utama yang secara fisik tidak sempurna saya temui pada Matteo Alacran dan Eleanor. Meski secara fisik mereka tidak menarik, tapi kehidupan mereka layak diangkat menjadi sebuah cerita yang inspiratif bagi saya.  

Well, sepertinya apa yang saya mau dan gambarkan tentang karakter tokoh utama ini ada pada Katniss Everdeen, Annabeth, dan Matteo Alacran, serta beberapa tokoh lainnya yang tidak bisa disebutkan satu per satu karena itu dia… salah satu tokoh kesukaan pasti akan mudah diingat.
Sampai jumpa di opini bulan depan^^

by.irnari🍅

Leave a Reply

