Posting Bareng: BBI membuat saya berubah!!

Halo, selamat tanggal 13 April!โ† ini harusnya diposting kemarin, tapi karena mati lampu jadi terposting sekarang–”

Bertemu lagi di Posting Bareng BBI. Kali ini ada yang berbeda lho dari PosBar di bulan ini, bukan tentang Opini Bareng, bukan juga Baca Bareng. Bedanya adalah sangat spesial, spesialnya apa? Yaaa, benar!! Ulang Tahun Blogger Buku Indonesia aka BBI yang ke-4 ๐Ÿ˜€

Tunggu, tunggu. Lalu, untuk PosBar Opini Bareng dan Baca Bareng gimana? Tenang, itu tetap akan berlangsung rutin kok setiap bulan. Jadi, cepat atau lambat akan saya posting di blog ini.

Seperti tahun lalu, saya pernah memposting ucapan Selamat Ulang Tahun untuk BBI di sini. Sebagai bentuk partisipasi serta rasa syukur, saya pun mengadakan Giveaway Blog Hop. Saya sangat senang sekali pada saat itu. Dan lebih senangnya lagi karena banyak yang ikut serta merayakan, juga mendoakan BBI agar semakin jaya dan sukses.

Meskipun tahun ini tidak mengadakan giveawa-eh, malah jadi peserta kuis di beberapa blogi, itu tidak menyurutkan antusias saya menyambut tahun ke empatnya Bebi. Sebagai bentuk antusias, saya ikut Posting Bareng spesial Ultah BBI dengan tema “Perubahan apa yang terjadi pada dirimu setelah bergabung di BBI”.

Banyak, banyak banget yang berubah. Bisa dibilang 90% berubah lho.. Sebelumnya saya mengenal BBI sejak tahun 2012. Awalnya, saya berkenalan dengan Teh Ain di Twitter yang rupanya anggota BBI. Perkenalan itu terjadi karena kami sama-sama kuis hunter, haha XD mengincar yang hadiahnya buku. Lebih kebetulannya lagi, ia ternyata bukan orang jauh, masih tetangga Kabupaten. Jadi, rasanya seperti ketemu saudara jauh yang gampang deket karena sama-sama di perantauan dunia maya XD

Saking seringnya dapat buku dan ternyata sangat menyenangkan sekali bisa membacanya, saya pun ketagihan ingin terus membaca. Dan memutuskan untuk membeli buku sendiri sesuai bacaan yang disukai. Karena teman saya itu suka mentweet blog bukunya, saya jadi suka blogwalking ke blognya dan beberapa blogroll-nya-mencari-cari buku seperti apa yang bagus untuk dibeli. Dan seterusnya, dan seterusnya, sampai akhirnya saya tergelitik sendiri ingin punya blog buku (tepatnya pada 2 ย April 2012).

Setelah setahun blog buku saya berjalan, barulah saya memutuskan untuk bergabung dengan Blogger Buku Indonesia pada 6 Maret 2013, dan secara resmi masuk ke di grup Facebook 23 Mei 2013. Sebuah kebanggaan tersendiri buat saya karena dengan menjadi anggota suatu komunitas artinya saya punya tanggung jawab pada komunitas tersebut, tidak hanya menjadikannya sebagai wadah untuk mengulas buku tapi juga menjadikan membaca dan menulis sebagai kegiatan yang menginspirasi bagi banyak orang.

Perubahan yang terjadi setelah gabung di BBI tentu saja buku yang saya punya semakin banyak dan saya jadi semakin rajin baca. Selain itu, pribadi saya pun menjadi lebih baik karena punya wawasan yang luas, seperti meresensi dan mengetahui berbagai genre bacaan, jejaring silaturahmi pun semakin melebar. Meskipun terbilang anggota pasif karena tidak banyak mengikuti event-event, seperti kopdar dan semacamnya, tapi bersilaturahmi di dunia maya pun sangatlah bermanfaat bagi saya. Saya jadi sering dapet buntelan, pinjaman buku, informasi diskon, dan informasi loker.hihi Dan tentunya punya banyak teman.

Karena BBI juga, saya jadi mau untuk belajar dan terus belajar bagaimana cara membaca dan menulis yang benar dan berkualitas, sehingga saya pernah memenangkan beberapa kali sayembara menulis resensi, beberapa kali juga dipercaya Penerbit untuk mereview buku-bukunya.

Dan, yang membuat saya sangat senang dan akan terus saya ingat adalah pengalaman untuk menjadi asisten editor freelance, meskipun tidak secara resmi berkoneksi dengan penerbitnya langsung-hanya sekedar membantu sang editor resmi untuk ikut mengedit dan proofreading bukunya-saya sudah sangat senang. Senang karena dapat ilmu dan pengalaman, juga karena dapat honor. Lumayan kan, hobi yang menghasilkan bukankah sangat menyenangkan.

Nah, hal itu tentu saja tak lepas dari peran BBI sebagai jembatannya. Teh Ain memperkenalkan saya dengan Mbak Vani yang sangat baik memberikan kepercayaan pada saya untuk membantunya mengedit, juga beberapa kali menggambar untuk keperluan buku Islami anak.

Maaf ya Bebi, postingan ini akan sangat panjang sekali jika saya terus telusuri perubahannya dari non member menjadi member BBI hingga sekarang. Karena BBI memang merubah saya sangat banyak (coba saja tanya keluarga dan teman-teman saya), maka saya tidak bisa berhenti mengucapkan syukur pada-Nya dan berterima kasih pada Bebi.

SELAMAT ULANG TAHUN YANG KE-4 BBI

SEMOGA SEMAKIN JAYA

SEMAKIN TERLIHAT KIPRAHNYA DI DUNIA PERBUKUAN

SEMAKIN MENJADI INSPIRASI DAN PENGGERAK BAGI MEREKA YANG MAU MULAI MEMBACA

SEMAKIN SUKSES MENULARKAN KEGIATAN MEMBACA YANG MENGASYIKAN

SEMAKIN PANJANG UMUR

SUKSES TERUS BLOGGER BUKU INDONESIA.

Menulis membuat saya menjadi pribadi yang lebih terbuka, sementara membaca menjadikan saya pribadi yang menghargai. Karena membaca adalah meyakini pendapat seseorang atau bahkan banyak orang dari buku-buku yang dibaca.

4 thoughts on “Posting Bareng: BBI membuat saya berubah!!

Leave a Reply

