Opini Bareng: Hubungan dengan Pembaca


Apakah kamu pernah merasa terhubung dengan suatu bacaan? Apakah kamu pernah mendapati buku yang pesan moralnya sama sekali bertentangan dengan pendapatmu? Bagaimana menyikapinya?

Pernah. Saya pernah merasa terhubung dengan sebuah tulisan dalam buku, baik itu fiksi maupun nonfiksi. Saya merasa ikut berada dalam tulisan tangan si penulis. Biasanya ini terjadi dengan gaya penulisan si penulis itu sendiri yang menggunakan sudut pandang orang pertama. Beberapa novel yang membuat saya merasakan ada hubungannya dengan cerita adalah Follow @MerryRiana, The Fine Art of Small Talk, Langkah Sejuta Suluh.

Ketiga buku ini punya satu kesamaan, selain karena sudut pandang orang pertama yang bercerita, juga karena buku ini bersifat memotivasi, merubah pola pikir saya tanpa terkesan menggurui. Berbeda dengan beberapa buku fiksi yang membuat saya merasa terhubung karena kisah yang dituliskan seperti gambaran dalam kehidupan saya sendiri.

Sebenarnya, dengan sudut pandang orang ketiga pun saya merasa bisa terhubung, seperti pada buku Fangirl dan Sabtu Bersama Bapak. Semuanya tergantung pada si tokoh-tokoh itu sendiri, jika aku suka pasti akan mudah untuk terhubung.

Sementara itu, untuk buku yang pesan moralnya bertentangan… ehm, pernah sih. Biasanya pada buku-buku dewasa—yang memang bukan bacaan favorit saya. Tapi bagi mereka yang menyukainya, pasti akan punya pandangan lain soal buku-buku tersebut, bisa saja hanya untuk dibaca santai dan sebagai hiburan.

by.irnari🍅

2 thoughts on “Opini Bareng: Hubungan dengan Pembaca

  1. Afifah says:

    suka buku-buku motivasi, ya? aku suka Great Motivation Smart Communication. kalau Merry Riana aku suka sejak sebelum baca bukunya, dari artikel di Kompas.

Leave a Reply

