[Baca Bareng] Book Review: Oppa & I by Orizuka & Lia Indra Andriana



Penyunting: Nyi Blo
Desain Cover & Ilustrasi Isi: Angelina Setiani
Genre: Teenlit, Romance, Family
More: Goodreads
Rating: 3,5

Oppa & I bukan buku baru buat saya. Sudah tiga tahun lalu saya membaca dan mereviewnya. Karena tema baca bareng, saya pun memutuskan untuk repost, memilih buku ini sebagai buku yang sudah diterbitkan sebelumnya melalui media online di blog KoreanUpdates.com.

Bagaimana pertama kalinya saya bisa membaca Oppa & I di blog adalah karena pada saat itu KU sedang mengadakan kuis berhadiah novel Khokkiri karya Lia Indra Andriana. Saya yang pada saat itu sangat menyukai karya-karyanya Kak Lia mengikuti kuis tersebut, syaratnya sangat mudah—dengan membaca cerita Oppa & I, lalu memberikan komentar serta kesan-kesannya; bagaimana jika berada di posisi Jae In yang punya kakak laki-laki. Dengan senang hati saya membaca Oppa & I setiap chapter-nya yang diposting berurut-urutan.

Saya merasa terkesima dengan kolaborasi Lia dan Orizuka karena sepengetahuan saya ini duet menulis mereka yang pertama. Saya langsung menyukai tulisan OriLia yang sangat bagus dan masa kini pada saat itu. Karena banyak yang menyukai Oppa & I, cerita online itu pun akhirnya menjelma menjadi sebuah buku yang diterbitkan oleh Penerbit Haru. Tanpa pikir panjang, saya langsung membeli buku tersebut meskipun sudah puas membacanya berkali-kali di blog.

Karena buku ini sangat berkesan bagi saya, maka sangat cocok sekali jika Oppa & I dijadikan tema baca bareng untuk saya agar bisa berpartisipasi mengikuti event bulanan BBI ini.

Novel ini bercerita tentang saudara kembar dampit bernama Jae Kwon dan Jae In. Mereka berdua sudah terpisah selama lima tahun karena perceraian kedua orangtuanya. Jae In harus ikut ibunya tinggal di Indonesia, sementara Jae Kwon tinggal bersama ayahnya di Korea.

Setelah lima tahun, akhirnya ayah Jae In datang ke Korea menjenguk Jae In dan ibunya. Ayah Jae In meminta mereka untuk kembali hidup bersama dan membangun rumah tangga yang baru di Korea. Tanpa waktu yang lama, permintaan itu jelas diterima ibu Jae In dengan senang hati, ia tidak mungkin bisa menolaknya setelah apa yang terjadi padanya—yang telah kehilangan pekerjaan di Jakarta, dan bagaimana ia bisa menghidupi Jae In seorang diri tanpa bekerja jika ia tetap bersikukuh bertahan di Jakarta?

Berbeda dengan ibunya yang tampak senang, Jae In justru kesal dan benci pergi ke Korea. Ia tidak mau bertemu dengan dua orang yang sedang menunggu kedatangannya di sana. Ayah dan Jae Kwon.

Jae In dimasukkan ke sekolah yang sama dengan Jae Kwon, bahkan disatukelaskan. Betapa tidak sukanya Jae In pada Jae Kwon sehingga menyuruh saudara kembarnya itu untuk merahasiakan hubungan persaudaraan mereka. Yap, jangan sampai teman-teman sekolahnya tahu kalau mereka saudara kembar.

Kebencian Jae In pada Jae Kwon bukan tanpa alasan, ini ada hubungannya di masa lal. Jadi, tidak akan saya jabarkan karena bisa spoiler. Karena masalah ini pula, Jae In mendapatkan banyak masalah di sekolahnya, dengan kehadiran teman-teman baru, anak lelaki yang menyebalkan (Seung Won), dan kakak kelas (Hye Rin) yang naksir pada Jae Kwon

Dari sinilah konflik cerita bermula, kisah-kisah manis dan asem di sekolah, juga kehangatan di rumah yang bikin senyum-senyum sendiri. Membaca novel ini seperti sedang menonton mini Kdrama. Ceritanya memang ringan banget dan seru, kak Lia dan kak Orizuka memang selalu bisa membuat pembacanya tidak bisa menutup bukunya sampai habis.

Oh iya, Oppa & I ini karena laris manis dikasih seri sampai tiga, lho. Oppa & I, Oppa & I: Love Missions, and Oppa & I: Love Signs. Dua buku selanjutnya saya belum baca, next time semoga saya bisa punya kesempatan untuk membacanya^^.

Quotes favorit:
“Terkadang, sebesar apa pun sebuah harapan, kenyataan berkata lain.”

“Aku benci orang jahat.”

“Tapi aku lebih benci orang baik.”

“Karena kau tidak akan pernah tahu, kapan orang baik akan mengkhianatimu.”

“Aku piki8r aku tidak membutuhkan orang lain. Sepertinya aku salah.”

Published: Cetakan II, Desember 2011
Publisher: Penerbit Haru
Pages: 156

Leave a Reply

