Book Review: Rahasia Napas untuk Ketenangan Hidup by Kang Zain dan Kang Hadi


Author: Kang Zain & Kang Hadi
Genre: Non Fiksi, Motivasi Islami
Published: Cet. I, 2015
Publisher: Quanta (PT Elex Media Komputindo)
Pages: 274
Rating: 4

Dunia ini memang unik. Kadang menenangkan, kadang menyenangkan, dan kadang menegangkan. Ketika masalah datang, rasanya apa pun di dunia ini tak ada yang mendukung keputusan yang kita ambil. Akhirnya kita memilih melakukan terapi “yang aneh-aneh” untuk menghilangkan kegelisahan tersebut. Na’udzubillahi min dzaalik.

Ketika ada masalah, cobalah tarik napas dari hidung, perlahan… tahan tiga detik… dan lepaskan lewat mulut. Ulangi sampai tiga kali. Kemudian katakan dalam hati, “Ya Allah, apa pun masalah yang menimpaku, aku sadari semua ini adalah untuk membersihkan dosa-dosaku dan untuk menguatkan keimananku, sehingga Engkau semakin ridha kepadaku. Terima kasih ya Allah. Aku sangat percaya pada-Mu dan pada semua hal yang Engkau putuskan untukku dan kehidupanku. Alhamdulillah, amiin.”

Buku ini mengajak sahabat semua untuk menyelesaikan berbagai masalah kehidupan dengan pendekatan Terapi Bernapas. Banyak orang tidak percaya bahwa bila kita menyadari napas kita, bisa dengan cepat membantu meningkatkan kualitas hidup, sehingga kita tak lagi mudah lelah dalam menghadapi berbagai problema kehidupan.

Ketika bernapas, ada tiga tahap yang harus kita lakukan. Pertama MENERIMA udara. Kedua MENAHAN udara. Ketiga MELEPASKAN udara. Intinya, Menerima, Menahan, dan Melepaskan. Untuk mengetahui lebih dalam lagi ketiga rahasia tersebut, bacalah buku ini. Anda akan menemukan, dengan bernapas yang baik, Anda lebih tenang dalam menjalani kehidupan ini.

Rahasia Napas untuk Ketenangan Hidup adalah buku non fiksi islami yang membuat saya menangis saat menamatkan bukunya. Saya teringat akan dosa-dosa saya, begitu banyak, begitu memalukan. Tak ada henti-hentinya saya beristighfar memohon ampun. Semua ingatan akan dosa ini bermula dari napas. Ya, napas, setiap manusia yang hidup pasti bernapas. Napas adalah nikmat terbesar yang manusia rasakan, jika tidak bernapas manusia tidak akan bisa menikmati yang namanya hidup.

Napas pun ternyata dibagi menjadi tiga jenis, yaitu napas perut, napas dada, dan napas dada atas. Napas bisa mengajarkan banyak hal, sepertinya halnya dengan belajar untuk menerima, menahan, dan melepaskan. Maksud dari ketiganya adalah sebagai lambang/perumpamaan dari pernapasan, yakni menarik napas adalah lamabang dari menerima, menahan napas adalah lambang dari menahan, dan menghembuskan napas adalah lambang dari melepaskan.

Dari ketiganya mana proses yang paling enak? Tentu saja melepaskan. Namun nyatanya jika diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari kadang kita sulit untuk rela melepaskan, seperti melepaskan kesenangan hidup duniawi, padahal semua yang kita miliki adalah milik Allah, kita hanya dititipi. Sedangkan menerima adalah sesuatu yang sangat nikmat. Berbeda dengan proses yang paling membuat susah yaitu menahan. Menahan napas terlalu lama pasti akan kehabisan nyawa. Maka jangan terlalu lama menahan sesuatu yang sudah diterima/ berlebihan menahannya. Ingat, semua hanya milik Allah. Menahan sesuatu terlalu lama akan membuat susah dan menderita, contohnya bisa dirasakan sendiri… saya membayangkannya saja merinding.

Buku ini seperti buku yang menerapi diri untuk memahami diri kita sendiri, mengenali diri sebaik-baiknya untuk ingat akan dosa-dosa kita. Saat hati sedang gundah daripada mencurahkannya lewat sosial media atau bermain dan mendengarkan musik, bukankah lebih baik menghabiskan waktu dengan beribadah dan membaca buku bacaan yang bermanfaat. Dan lebih baik lagi jika langsung dipraktikan, banyak-banyak berdoa, beribadah kepada Allah SWT, insyaAllah hidup pun akan tenang.

Advertisements

One thought on “Book Review: Rahasia Napas untuk Ketenangan Hidup by Kang Zain dan Kang Hadi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s