Opini Bareng: Realita Sosial


“Pernah merasa buku yang kamu baca sangat jauh dari kenyataan? Sangat sesuai dengan kenyataan? Kemungkinan akan menjadi kenyataan dalam waktu dekat?”

Pernah. Salah satunya adalah novel ‘Pulang karya Leila S. Chudori’ yang memang sesuai dengan tema baca bareng bulan Mei. Dari novel Pulang saya menemukan realita latar belakang sejarah yang diambil, juga realita yang diambil dari  ciri khas orang-orang Indonesia yang mempunyai berabagai macam bahasa dan budaya, baik dari makanannya, pakaiannya, dan sopan santunnya.


Sejarah memang sesuatu yang dekat dengan realita karena persitiwa yang sudah terjadi dan tak bisa dirubah, berbeda dengan beberapa genre novel yang mungkin mengambil tema fantasi yang tentunya jauh dari kenyataan. Mungkin ada beberapa buku yang berkisah tentang perlatan-peralatan atau benda-benda canggih di masa depan, seperti Phalanaxifor dalam TFIOS yang mungkin saja kedepannya akan ada obat seperti itu.

Untuk saya pribadi, buku fiksi memperlihatkan banyak hal yang luar biasa. Dengan membaca sebuah kisah, entah itu realita atau bukan kadang saya tidak peduli, karena setiap kisah memiliki kehidupan nyata tersendiri di hati saya sebagai pembaca.

Sampai jumpa di Opini Bareng bulan depan!^^

by.irnari🍅

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s