Book Review: Bastian dan Jamur Ajaib by Ratih Kumala


Author: Ratih Kumala
Genre: Fiction, Fantasy Romance, Asian Literature, Short Story
Published: 2014
Publisher: PT. Gramedia Pustaka Utama
Pages: 124
Rating: 3

Jamur ini bukan sembarang jamur. Jamur ini mampu membuka luka hati siapa pun yang memakannya. Buku ini bukan sembarang buku. Buku ini mampu membuka dunia imajinasi yang penuh makna. (more)

Buku ini berisi kumpulan cerita pendek yang ditulis oleh Ratih Kumala. Ada 13 judul cerita yang beberapa di antaranya pernah dipublikasikan di media. Bastian dan Jamur Ajaib adalah salah satu cerpen yang baru dibuat Ratih, sekaligus memang jadi judul utama buku ini. Judulnya memang sangat menarik dan memikat karena kata “ajaib” dalam cerita mengandung hal-hal yang berbau fantasi.

Saat membaca judul bukunya pun saya pikir ini kumcer tentang anak-anak atau dewasa muda, ternyata saya salah. Di awal cerita saya membaca kisah seorang anak yang suka mengadu belalang, tetapi yang seterusnya malah cerita bertema dewasa, seperti konflik keluarga, percintaan, dan perselingkuhan.

Bastian dan Jamur Ajaib bisa dicicipi di bab terakhir buku ini. Sebagai penutup, ceritanya sangat berkesan dibandingkan cerita-cerita lainnya, walaupun yang lain juga tidak kalah bagus. Hanya saja Bastian dan Jamur termasuk salah satu cerpen yang saya suka, ditambah dua cerita lainnya yaitu Ah Kauw dan Lelaki di Rumah Seberang. Ah Kauw bercerita tentang seorang laki-laki bernama Ah Kauw yang bekerja sebagai penggali kuburan yang sudah jadi. Sedangkan Lelaki di Rumah Seberang bercerita tentang seorang perempuan tua yang ingin segera mati diusianya yang sudah lanjut, 101 tahun. Ia tinggal di panti jompo dalam kesendirian karena keluarganya sangat jarang menjenguk.  

Ketiga cerita tersebut membuat saya melotot kehabisan kata-kata.. Karena itu saya angkat jempol dengan karakter-karakternya yang sungguh imajinatif dengan latar kebanyakan beraroma laut yang bisa dirasakan.

by.irnari🍅

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s