Opini Bareng: Setting dalam Buku


“Bagaimana penulis menuliskan latar buku yang kamu baca? Apakah membuatmu dapat membayangkan tempat itu pada waktu itu?”

Sejauh ini saya bisa membayangkan, meskipun mungkin tidak sesuai dengan imaji penulis. Tetapi, setiap pembaca mempunyai deskripsi masing-masing tentang latar yang dibayangkannya. Jadi, dalam sebuah cerita deskripsi latar sangat penting sekali ditulis karena merupakan kekuatan dari sebuah cerita itu sendiri.

Baiklah, saya akan menuliskan top 3 tentang latar dalam buku yang saya favoritkan, di antaranya yaitu:

1. Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin, Bidadari-Bidadari Surga by Tere Liye

Novel-novel Tere Liye selalu membuat saya lupa akan latar karena kekuatan ceritanya. Tetapi, lain dengan novel berjudul Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin yang latarnya menjadi tema utama, yakni latar waktu yang dibuat hanya satu jam saja, tapi tentu saja ditulis dengan pembagian waktu di masa lalu. Hal ini membuat saya sangat kagum dengan tulisannya yang terkadang di luar perkiraan, tulisannya juga sangat rapih dengan diksi yang mudah dimengerti. Selain latar waktu, latar tempat juga selalu bisa Tere Liye perkuat dengan isi ceritanya. Seperti dalam Bidadari-Bidadari Surga yang mana latar tempatnya fiksi di lembah Lahambay.

2. The Wind Leading to Love by Ibuki Yuki

Saya sangat suka dengan latar laut yang di angkat dalam novel ini. Ceritanya tidak menye-menye seperti kebanyakan novel lokal yang mengambil latar laut yang ceritanya pasti terlalu sinetron.

3. Pulang by Leila S. Chudori

Dengan latar sejarah tahun 1968 & 1998 di Paris dan Jakarta membuat imajinasi saya melayang-layang seperti apa masa pada saat itu.

Nah itulah, tiga latar favorit saya selama membaca buku sampai sekarang ini. Bagaimana denganmu? Yuk share kesanmu tentang latar dalam sebuah buku di kolom komentar, siapa tahu saya tertarik untuk membacanya ๐Ÿ˜‰
Sampai jumpa lagi di Opini Bareng bulan Juli 2015 ๐Ÿ™‚

by.irnari๐Ÿ…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s