Book Review: Memetik Matahari by Agung Adiprasetyo

Author: Agung Adiprasetyo
Genre: Non Fiksi, Motivasi
Published: Cet. III, January 2014
Publisher: Buku Kompas (PT Kompas Media Nusantara)
Pages: xiv + 208
Rating: 3

Inspirasi dari Orang-orang yang Melihat Terang dalam Hidupnya


SIKAP HIDUP, pola pikir, dan kebiasaan adalah faktor-faktor yang sangat berperan menentukan sukses atau kegagalan seseorang. Sukses hanya milik mereka yang bersikap positif dan optimistis dalam menjalani kehidupan. Sebaliknya, mereka yang bersikap negatif dan pesimistis, yang selalu melihat sesuatu hanya pada sisi gelapnya, besar kemungkinan hanya bakal jadi pecundang.

Buku berisi butir-butir buah perenungan Agung Adiprasetyo–CEO Kompas Gramedia–yang ingin berbagi pengalaman; inspirasi, dan sekaligus menularkan motivasi positif pada siapa saja yang bercita-cita meraih sukses dalam karier, di mana pun ia berkarya.

Buku ini berisi cerita-cerita dan opini-opini yang menginspirasi pembaca dari sudut pandang penulisnya langsung. Kita akan disuguhkan bagaimana memahami sikap kita dalam mengejar yang namanya kesuksesan. Sikap-sikap tersebut ternyata banyak sekali kelompoknya, banyak dengan contoh-contoh nyatanya seperti yang penulis uraikan di buku ini.

“Setiap manusia mempunyai kebebasan untuk memilih dari sisi mana dia melihat dunia ini.”

Perlu digaris bawahi kalimat kebebasan untuk memilih. Mungkin karena itu pula sikap setiap orang pasti berbeda-beda, kebebasan yang dapat membentuk mindset ke mana harus melangkah dan memilih sesuatu dalam kehidupan ini.

Tidak perlu salah arah, juga tidak perlu takut untuk mencoba. Dengan ilmu, kita bisa menghadapinya, salah satunya dengan membaca buku ini. Kita akan tahu seperti apa sikap yang harus ditegakkan agar bisa sukses. Satu hal yang pasti, tindakanlah yang membuktikannya.

Ini pertama kalinya saya membaca buku karya Agung Adiprasetyo. Tema yang disuguhkan sudah bukan hal yang baru bagi saya, karena sebelumnya saya pernah membaca buku non fiksi sejenis ini dengan garis besar yang hampir sama, namun beda fokus. Dalam buku ini fokusnya memang banyak, digambarkan pula dengan kisah-kisah inspirasi orang sukses. Terkadang gaya ceritanya loncat-loncat, sehingga saya kurang berhasil menangkap apa tujuan dari memetik matahari ini. Meskipun demikian, hal tersebut tidak membuat nilai buku ini jadi berkurang, karena saya menyukai tulisan rapi dengan gaya bahasanya yang ringan–membuat buku ini sangat cocok dibaca oleh siapa saja.

Satu kutipan yang saya suka:
“Jadilah terang jangan di tempat yang terang, jadilah terang di tempat yang gelap.” (Gleen Fredley, Jadilah Terang)

Advertisements

One thought on “Book Review: Memetik Matahari by Agung Adiprasetyo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s