Bookish: Digital Libray (iJakarta)

cadpsujukaa-yji

Seminggu yang lalu tiba-tiba saya merasa khawatir dengan minat baca dan beli buku saya yang semakin menurun. Entah kenapa saya merasa khawatir, mungkin karena ini seperti dosa bagi saya yang mengaku pecinta buku dan seorang blogger tapi tidak rajin baca dan setidaknya punya buku baru.

Sebelum bekerja, saya terbilang semangat untuk membaca dan membeli buku dengan hasil dari jatah yang dikasih kakak setiap bulan. Lumayan bisa untuk beli pulsa dan buku pada saat itu. Saya pun jadi berangan-angan, andaikan saya sudah bekerja pasti uang yang saya dapatkan lebih banyak, saya bisa bebas mau beli buku berapa saja dan membacanya sepuas hati.

Akhirnya waktu yang diangan-angankan pun tiba, semua di luar ekspektasi. Entahlah, mungkin karena masih baru bekerja, masih baru mendapatkan penghasilan sendiri. Untuk beli buku baru saja saya hitung-hitungan dulu, apa sebaiknya membeli kebutuhan yang diutamakan, seperti pakaian, sepatu, tas, make up untuk kebutuhan kerja. Ditambah lagi untuk biaya hidup sehari-hari karena ngekos. Benar-benar pilihan yang sulit. Tapi saya yakin, ini pasti cuma semacam sindrom newbie saja.. Setelah melewati 3/4 bulan bekerja semangat saya untuk hunting buku lagi pasti akan muncul. Haha

Dulu pun saya sempat berangan-angan, setelah bekerja, fokus pulang kantor saya bisa langsung baca buku, tapi ternyata.. Penyakit malas menjangkiti, semakin kendurlah kecepatan baca saya yang berakibat semi hiatusnya blog treasure books. Sedikit demi sedikit saya ingin kembali bangkit, aktif ngeblog lagi, aktif bercerita lagi. Sekali lagi, saya merasa sedih dan berdosa telah meninggalkan passion dan mimpi ini. Baiklah, mulai sekarang lupakan saja orang-orang yang sudah membuat saya melupakan passion dan mimpi saya ini. Mari kembali ke tujuan awal. Niatkan semuanya untuk Allah.. Bismillah.. InsyaAllah semuanya akan berjalan beriringan.

Haha maaf. Maaf. Malah diawali dengan curhat, eh boleh nggak sih curcol di blog buku, yang pasti masih ada hubungannya dengan buku, kok.

Sebenernya tujuan awal posting ini mau ngasih kabar gembira bagi para pecinta buku, iya meskipun sudah seminggu yang lalu, iya, tentang digital library dari iJakarta. Kereeeen ya.. Hwaa, bisa minjem buku secara online, benar-benar ide yang brilian. Tuh, udah nggak ada alasan lagi buat gak ada waktu kalau baca buku, gak ada alasan lagi nggak bisa beli buku karena harganya mahal, toh sekarang bisa pinjam di iJakarta, gak ribet.. Gak usah pakai kartu perpus, tinggal unduh-buat akun-beres. Senangnya lagi digital library ini banyak buku-buku barunya, update banget, jadi gak takut ketinggalan zaman. Beda imejnya dengan perpustakaan real, ya, yang kebanyakan stoknya sedikit dan kebanyakan buku lama, mana sudah menguning dan halamannya pun nggak lengkap.

Oke, langsung saja, mari kita berkenalan dengan iJakarta 😁 berhubung saya pakai android, jadi step by step yang dijabarkan pun sesuai dengan android saya.

Pertama-tama unduh aplikasinya di Play Store, search saja iJakarta, maka akan ada ikon install. Di sini saya udah menginstallnya.
Screenshot_2015-12-13-21-59-42
lalu buka aplikasinya maka akan muncul gambar seperti ini.
Screenshot_2015-12-03-19-23-47
Mulai sekarang!
Ikuti saja langkah-langkahnya seperti membuat akun pada umumnya, kok.

Setelah berhasil akan muncul tampilan seperti ini.
Screenshot_2015-12-13-12-22-25
Yeayy.. Berarti registrasnya sudah sukses.

Ini halaman profil.
Screenshot_2015-12-13-12-22-36
Tampilannya oke, loadingnya cepet.. Saya juga bisa dengan mudah mencari buku, tinggal ketik judul/penulis di search.
Screenshot_2015-12-13-12-25-51
Atau kalau bingung bisa lihat rekomendasi dari iJakarta sendiri. Dari buku terbaru hingga terpopuler..
Screenshot_2015-12-13-12-26-03

Pokoknya harus sabar kalau 0 copy, artinya kita harus antri, tinggal klik antri saja. Syukur-syukur copyannya banyak jadi bisa langsung dipinjam 😀
Oh, ya, untuk meminjam buku di sini sepertinya harus bergabung dulu dengan Badan Perpustakaan dan Arsip DKI Jakarta, baru setelah itu bisa pinjam.
Screenshot_2015-12-13-12-22-50

Dalam sehari kita cuma bisa pinjam 3 buku, aturannya sama dengan perpustakaan real. Hehe.. Satu buku juga cuma dikasih tenggat kurang lebih seminggu. Lebih dari itu otomatis buku kembali, kalau mau baca lagi, tinggal klik pinjam atau kalau sudah banyak yang pinjam, kita bisa klik antri.

Ngga susah, kan.. Surga banget deh digital library ini, menguntungkan banget buat para pecinta buku. Lumayan nggak bikin kantong jebol, setidaknya kita masih bisa beli buku yang bener-bener ingin dibeli, selebihnya ada iJakarta yang siap sedia menyediakan buku-buku berkualitas dan bermanfaat.
Screenshot_2015-12-13-12-23-35

Tuh, nggak ada alasan lagi buat nggak baca buku. Ayo, budayakan membaca.. Pemerintah sudah memfasilitasi, tinggal kembali pada pribadi masing-masing.
“Bangsa yang maju adalah yang rakyatnya gemar membaca. ”

Salam buku,

By. irnari🍅

Leave a Reply

