Book Review: Koala Kumal by Raditya Dika

IMG_20160731_070051_1469923275118

Author: Raditya Dika

Editor: Windy Ariestanty

Publisher: GagasMedia

Genre: Kumcer, Komedi

Published: Cetakan XI, 2016

Pages: x + 250

Rating: 3

Selain main perang-perangan, gue, Dodo, dan Bahri juga suka berjemur di atas mobil tua warna merah yang sering diparkir di pinggir sungai samping kompleks. Formasinya selalu sama: Bahri dan gue tiduran di atap mobil, sedangkan Dodo, seperti biasa, agak terbuang, di atas bagasi.

Kadang kami tiduran selama setengah jam. Kadang, kala cuaca lagi sangat terik, bisa sampai dua jam. Kalau cuacanya lagi sejuk dan tidak terlalu terik, kami biasanya sama-sama menatap ke arah matahari, memandangi langit sambil tiduran. Kalau sudah begini, Bahri menaruh kedua tangannya di belakang kepala, sambil tiduran berkata,

Rasanya kayak di Miami, ya?

Iya, jawab gue.

Iya, jawab Dodo.

Kami bertiga gak ada yang pernah ke Miami.

**

Koala Kumal adalah buku komedi yang menceritakan pengalaman Raditya Dika dari mulai jurit malam SMP yang berakhir dengan kekacauan sampai bertemu perempuan yang mahir bermain tombak. Seluruh cerita di dalamnya berasal dari kisah nyata.

**

Baca lebih lanjut

Book Review: Memetik Matahari by Agung Adiprasetyo

Author: Agung Adiprasetyo
Genre: Non Fiksi, Motivasi
Published: Cet. III, January 2014
Publisher: Buku Kompas (PT Kompas Media Nusantara)
Pages: xiv + 208
Rating: 3

Inspirasi dari Orang-orang yang Melihat Terang dalam Hidupnya


SIKAP HIDUP, pola pikir, dan kebiasaan adalah faktor-faktor yang sangat berperan menentukan sukses atau kegagalan seseorang. Sukses hanya milik mereka yang bersikap positif dan optimistis dalam menjalani kehidupan. Sebaliknya, mereka yang bersikap negatif dan pesimistis, yang selalu melihat sesuatu hanya pada sisi gelapnya, besar kemungkinan hanya bakal jadi pecundang.

Buku berisi butir-butir buah perenungan Agung Adiprasetyo–CEO Kompas Gramedia–yang ingin berbagi pengalaman; inspirasi, dan sekaligus menularkan motivasi positif pada siapa saja yang bercita-cita meraih sukses dalam karier, di mana pun ia berkarya.

Buku ini berisi cerita-cerita dan opini-opini yang menginspirasi pembaca dari sudut pandang penulisnya langsung. Kita akan disuguhkan bagaimana memahami sikap kita dalam mengejar yang namanya kesuksesan. Sikap-sikap tersebut ternyata banyak sekali kelompoknya, banyak dengan contoh-contoh nyatanya seperti yang penulis uraikan di buku ini. Baca lebih lanjut

Book Review: Rahasia Napas untuk Ketenangan Hidup by Kang Zain dan Kang Hadi


Author: Kang Zain & Kang Hadi
Genre: Non Fiksi, Motivasi Islami
Published: Cet. I, 2015
Publisher: Quanta (PT Elex Media Komputindo)
Pages: 274
Rating: 4

Dunia ini memang unik. Kadang menenangkan, kadang menyenangkan, dan kadang menegangkan. Ketika masalah datang, rasanya apa pun di dunia ini tak ada yang mendukung keputusan yang kita ambil. Akhirnya kita memilih melakukan terapi “yang aneh-aneh” untuk menghilangkan kegelisahan tersebut. Na’udzubillahi min dzaalik.

Ketika ada masalah, cobalah tarik napas dari hidung, perlahan… tahan tiga detik… dan lepaskan lewat mulut. Ulangi sampai tiga kali. Kemudian katakan dalam hati, “Ya Allah, apa pun masalah yang menimpaku, aku sadari semua ini adalah untuk membersihkan dosa-dosaku dan untuk menguatkan keimananku, sehingga Engkau semakin ridha kepadaku. Terima kasih ya Allah. Aku sangat percaya pada-Mu dan pada semua hal yang Engkau putuskan untukku dan kehidupanku. Alhamdulillah, amiin.” Baca lebih lanjut

Book Review: Merry Riana Langkah Sejuta Suluh by Clara Ng


Published: Cet. II, Juni 2014
Publisher: Gramedia Pustaka Utama
Pages: 450
About Author: Clara Ng
Desain Sampul: Mila Hidajat
Genre: Non Fiksi, Motivasi, Pengembangan Diri
More: Goodreads
Rating: 5

“Arahkanlah pandanganmu kepada Tuhan, dan Dia akan memberimu jalan. Tidak semuanya sekaligus, tetapi selangkah demi selangkah. Dan setiap langkah adalah mukjizat.”

Formula sukses Merry Riana adalah: Vision-Action-Passion. Berbeda dengan buku pertama Mimpi Sejuta Dolar yang mengisahkan tentang Vision (Mimpi), buku sekuel Langkah Sejuta Suluh ini berfokus pada Action (Langkah).   Bertujuan membayar utang-utangnya dan mencapai mimpinya untuk meraih kebebasan finansial, setelah lulus Merry mengambil sebuah keputusan ekstrem untuk menjadi seorang entrepreneur.

Merry memimpin sekelompok pemuda-pemudi yang mulanya bukan siapa-siapa, yang berangkat dari nol, dan yang mengalami kejatuhan berulang-ulang, sebelum kemudian menjadi tim tangguh yang memecahkan rekor industri.

Buku ini membeberkan kisah yang seru dan mendebarkan; penuh ketegangan dan tikungan-tikungan terjal. Tentang sekelompok anak muda yang mulanya disepelkan, namun selalu bertekad tidak mau kalah, sampai pada akhirnya berhasil membuktikan bahwa mereka layak menjadi juara.

Ikuti perjalanan Merry selangkah demi selangkah, dari sejak lulus kuliah tanpa modal, koneksi, dan keahlian; sampai bagaimana dia menyatukan timnya untuk berjuang bersama demi satu tujuan: mengukir sejarah
**

Buku ini bukan buku motivasi biasa. Di dalamnya ada cerita, ada juga ajakan yang secara tidak langsung bisa membuat pembaca mengikuti jejaknya. Pembaca akan tertular semangat Merry Riana yang pantang menyerah untuk bisa bekerja sebagai seorang sales konsultan keuangan. Semangatnya yang tak pernah padam itu antara lain karena dukungan dari sang kekasih yang kini sudah jadi suaminya: Alva Tjenderasa. Alva berperan aktif di belakangnya, sementara Merry aktif melangkah di depan untuk mewujudkan mimpinya. Baca lebih lanjut

[Baca Bareng] Book Review: Oppa & I by Orizuka & Lia Indra Andriana



Penyunting: Nyi Blo
Desain Cover & Ilustrasi Isi: Angelina Setiani
Genre: Teenlit, Romance, Family
More: Goodreads
Rating: 3,5

Oppa & I bukan buku baru buat saya. Sudah tiga tahun lalu saya membaca dan mereviewnya. Karena tema baca bareng, saya pun memutuskan untuk repost, memilih buku ini sebagai buku yang sudah diterbitkan sebelumnya melalui media online di blog KoreanUpdates.com. Baca lebih lanjut

Book Review: Career First by Maya Arvini

Co-writer: Ninus D. Andarnuswari
Penyunting: Jumali Ariadinata & Patresia Kirnandita
Proofreader: Yuke Ratna P
Ilustrasi cover dan isi: Siska Felicia
Genre: Non Fiksi, Karier, Pengembangan Diri
More: Goodreads
Rating: 4

Kenapa saya beri 4 bintang? Karena saya suka suka buku ini. Tidak hanya karena temanya saja, tapi juga karena gaya bahasanya yang tidak membosankan, tidak terlalu mendikte bak buku tips-tips lainnya. Juga, karena banyak ilustrasi gambar yang nggak bikin bosan.

Sebagai pembaca, saya dibawa langsung melihat kehidupan penulis, dari nol sampai terus merangkak naik dan sukses. Maya Arvini menceritakan kalau dulunya dia berasal dari keluarga sederhana. Kedua orangtuanya adalah guru. Baca lebih lanjut

Book Review: Kreativitas Tanpa Batas by Tim Kick Andy


Genre: Non Fiksi, Inspiratif
Price: Rp 59.000
More: Goodreads
Rating: 4

Kreativitas atau daya cipta adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau anggitan (konsep) baru, atau hubungan baru antara gagasan dan anggitan yang sudah ada. (sumber: Wikipedia)

Sejauh yang saya ketahui, kreatif identik dengan orang-orang maju, berpikiran ke depan dan terbuka, juga mereka-mereka yang telah sukses. Baca lebih lanjut

Book Review: The Fine Art Of Small Talk by Debra Fine

2015-02-21-15-05-10_deco
Translator: Farida Inayati
Genre: Non Fiksi, Pengembangan Diri
More: Goodreads
Rating: 5

How to start a conversation, keep it going, bulid networking skills, and leave a positive impression! 

Buku ini sebenarnya bukan buku baru karena saat kelas dua SMA saya pernah membacanya dan terlupakan begitu saja di rak. Hingga beberapa tahun ke belakang saya kerap membaca ulang buku ini berkali-kali saat saya sedang kehilangan semangat dan rasa percaya diri untuk bertemu orang baru.  

Begitu membaca blurb-nya, saya langsung jatuh hati karena perasaan yang saya alami ternyata dialami juga oleh penulis buku ini. Bagaimana rasanya lidah menjadi kelu saat berada di depan bos atau orang banyak, berkeringat dingin dengan detak jantung yang cepat, sampai akhirnya kehilangan kesempatan yang sudah lama dinanti-nanti, karena alasan terlalu takut dengan semua ketakutan itu sendiri. Baca lebih lanjut

Kreativitas Tanpa Batas

Judul Buku: Kreativitas Tanpa Batas
Penulis: Tim Kick Andy
Terbit: Cetakan I, November 2014
Penerbit: Bentang Pustaka
Genre: Non Fiksi, Inspiratif
Tebal: x + 234 halaman
ISBN: 978-602-291-066-4
Harga: Rp 59.000

Rating: 4 Bintang

Blurb:

Menjadi kreatif bisa jadi merupakan salah satu solusi untuk mengatasi berbagai permasalahan. Ya, kreatif bukan lagi milik artis atau seniman, dan tak selalu berbentuk produk fisik. Ide kreatif bisa lahir dari mana saja dan digunakan untuk tujuan apa pun.

Melalui buku ini, simak kisah mereka yang berhasil mewujudkan ide-ide untuk mempermudah hidup sesama. Ridwan Kamil, penggagas gerakan Indonesia Berkebun, mengajak masyarakat lebih peduli lingkungan dengan memanfaatkan lahan semaksimal mungkin yang dimiliki sebagai kebun. Ada Andreas Aditya Swasti yang melahirkan komunitas Nebengers, sebuah konsep tebeng-menebeng untuk mengurangi kemacetan di Jakarta. Bertahun-tahun hidup berdampingan dengan orang-orang tunagrahita di “Desa Idiot”, Eko Mulyadi hingga kini terus berusaha membuat mereka lebih mandiri.

Jadi, jangan takut untuk kreatif, biarkan ide-ide kita berkembang. Wujudkan selagi mampu. Then good luck, and remember the sky is the limit.

Review:
Kreativitas atau daya cipta adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau anggitan (konsep) baru, atau hubungan baru antara gagasan dan anggitan yang sudah ada. (sumber: Wikipedia)

Sejauh yang saya ketahui, kreatif identik dengan orang-orang maju, berpikiran ke depan dan terbuka, juga mereka-mereka yang telah sukses. Baca lebih lanjut

Manusia Setengah Salmon


Judul: Manusia Setengah Salmon
Penulis: Raditya Dika
Terbit: Cetakan ke-17, 2014
Penerbit: Gagasmedia
Genre: Nonfiksi, Comedy
Tebal: 264 halaman
ISBN: 979-780-531-x

Rating: 4 Bintang

Blurb:

Review:
ini buku ketiga Bang Radit yang saya baca setelah Radikus Makankakus dan Tolong, Radit Membuat Saya Gila. Dari ketiganya yang sudah dibaca, saya paling suka dengan buku ini “Manusia Setengah Salmon”. Yah, meskipun nggak suka-suka bangetlah, soalnya ada beberapa cerita yang kurang asik karena garing. Saya tuh lebih suka cerita yang mengalir, dan kesandung lucu, daripada disengaja-sengajain lucu malah kesandung garing.  

Di buku ini saya jadi mikir ternyata buku non fiksi itu menyenangkan untuk dibaca, apalagi bergenre komedi. Tiba-tiba saja saya jadi nagih pengin baca bukunya Bang Radit yang lain. Karena di buku Manusia Setengah Salmon selain dapat sisi humor, saya juga dapat sisi pelajaran tentang kehidupan. Tsaah..  

Iya, hidupnya Raditya Dika itu kelihatannya kan susah-susah lucu, tapi kok nggak ada give up-nya lho… Di ceritanya ia selalu bisa menyelesaikan masalah, meskipun dengan cara absurd. Yang penting kan nggak lari dari masalah.  

Beberapa judul cerita yang saya suka di buku ini:
1. Bakar Saja Keteknya
2. Pesan Moral Dari Sepiring Makanan
3. Kasih Ibu Sepanjang Belanda
4. Tarian Musim Kawin

Alasannya karena saya bisa ketawa dan speechless x)