Book Review: Koala Kumal by Raditya Dika

IMG_20160731_070051_1469923275118

Author: Raditya Dika

Editor: Windy Ariestanty

Publisher: GagasMedia

Genre: Kumcer, Komedi

Published: Cetakan XI, 2016

Pages: x + 250

Rating: 3

Selain main perang-perangan, gue, Dodo, dan Bahri juga suka berjemur di atas mobil tua warna merah yang sering diparkir di pinggir sungai samping kompleks. Formasinya selalu sama: Bahri dan gue tiduran di atap mobil, sedangkan Dodo, seperti biasa, agak terbuang, di atas bagasi.

Kadang kami tiduran selama setengah jam. Kadang, kala cuaca lagi sangat terik, bisa sampai dua jam. Kalau cuacanya lagi sejuk dan tidak terlalu terik, kami biasanya sama-sama menatap ke arah matahari, memandangi langit sambil tiduran. Kalau sudah begini, Bahri menaruh kedua tangannya di belakang kepala, sambil tiduran berkata,

Rasanya kayak di Miami, ya?

Iya, jawab gue.

Iya, jawab Dodo.

Kami bertiga gak ada yang pernah ke Miami.

**

Koala Kumal adalah buku komedi yang menceritakan pengalaman Raditya Dika dari mulai jurit malam SMP yang berakhir dengan kekacauan sampai bertemu perempuan yang mahir bermain tombak. Seluruh cerita di dalamnya berasal dari kisah nyata.

**

Baca lebih lanjut

Book Review: Career First by Maya Arvini

Co-writer: Ninus D. Andarnuswari
Penyunting: Jumali Ariadinata & Patresia Kirnandita
Proofreader: Yuke Ratna P
Ilustrasi cover dan isi: Siska Felicia
Genre: Non Fiksi, Karier, Pengembangan Diri
More: Goodreads
Rating: 4

Kenapa saya beri 4 bintang? Karena saya suka suka buku ini. Tidak hanya karena temanya saja, tapi juga karena gaya bahasanya yang tidak membosankan, tidak terlalu mendikte bak buku tips-tips lainnya. Juga, karena banyak ilustrasi gambar yang nggak bikin bosan.

Sebagai pembaca, saya dibawa langsung melihat kehidupan penulis, dari nol sampai terus merangkak naik dan sukses. Maya Arvini menceritakan kalau dulunya dia berasal dari keluarga sederhana. Kedua orangtuanya adalah guru. Baca lebih lanjut

Book Review: Sabtu Bersama Bapak by Adhitya Mulya


Genre: Indonesian Literature, Family, Parenting, Romance
More: Goodreads
Rating: 5


New Doc 5_1

Ini adalah sebuah cerita. Tentang seorang pemuda yang belajar mencari cinta. Tentang seorang pria yang belajar menjadi bapak dan suami yang baik. Tentang seorang ibu yang membesarkan mereka dengan penuh kasih. Dan…, tentang seorang bapak yang meninggalkan pesan dan berjanji selalu ada bersama mereka.
—  

Sebuah novel yang bercerita tentang kehidupan sehari-hari seorang Bapak dan Ibu beserta anak-anaknya. Pak Gunawan yang memiliki penyakit kanker mengetahui bahwa hidupnya tidak akan lama lagi. Dokter memvonis hidupnya yang hanya tinggal setahun. Bersama istrinya, Ibu Itje, dia mencoba sabar dan siap menghadapi penyakit ini.  

Merasa khawatir karena kedua anak laki-lakinya, Satya (8 tahun) dan Cakra (5 tahun) yang masih terlalu dini dan perlu bimbingannya hingga dewasa kelak, ia pun memutuskan untuk membuat video dokumenter dirinya yang membahas hal-hal apa saja yang akan anak-anaknya temui di usia-usia tertentu jika ia sudah tidak ada lagi nantinya. Baca lebih lanjut

Book Review: Goodbye Happiness by Arini Putri


Genre: Romance, Young Adult
Buy: bukabuku
More: Goodreads

Rating: 3,5 Bintang

Sinopsis back cover dalam buku ini hanya bertuliskan ungkapan secara umum (goodreads). Orang yang suka dengan bahasa mendayu seperti itu dan cover cantik yang berwarna sendu pasti akan terkejut karena novel ini berunsur Korea, Kpop lebih banyaknya dan seperti Kdrama ceritanya.  

Saya yang sudah lama tidak menyentuh hal-hal yang berbau Korea karena bosan, cukup tertipu saat membuka halaman pertama. Karena dari blurb dan cover tidak ada tanda ini novel kokoreaan.  

Diceritakan seorang aktris bernama Krystal Keyrina membatalkan pernikahannya dengan aktor populer Park Seungho. Krystal dituntut manajemen, media, dan fans untuk menjelaskan pembatalan pernikahan tersebut. Dan, cerita sesungguhnya pun dimulai… Baca lebih lanjut

Manusia Setengah Salmon


Judul: Manusia Setengah Salmon
Penulis: Raditya Dika
Terbit: Cetakan ke-17, 2014
Penerbit: Gagasmedia
Genre: Nonfiksi, Comedy
Tebal: 264 halaman
ISBN: 979-780-531-x

Rating: 4 Bintang

Blurb:

Review:
ini buku ketiga Bang Radit yang saya baca setelah Radikus Makankakus dan Tolong, Radit Membuat Saya Gila. Dari ketiganya yang sudah dibaca, saya paling suka dengan buku ini “Manusia Setengah Salmon”. Yah, meskipun nggak suka-suka bangetlah, soalnya ada beberapa cerita yang kurang asik karena garing. Saya tuh lebih suka cerita yang mengalir, dan kesandung lucu, daripada disengaja-sengajain lucu malah kesandung garing.  

Di buku ini saya jadi mikir ternyata buku non fiksi itu menyenangkan untuk dibaca, apalagi bergenre komedi. Tiba-tiba saja saya jadi nagih pengin baca bukunya Bang Radit yang lain. Karena di buku Manusia Setengah Salmon selain dapat sisi humor, saya juga dapat sisi pelajaran tentang kehidupan. Tsaah..  

Iya, hidupnya Raditya Dika itu kelihatannya kan susah-susah lucu, tapi kok nggak ada give up-nya lho… Di ceritanya ia selalu bisa menyelesaikan masalah, meskipun dengan cara absurd. Yang penting kan nggak lari dari masalah.  

Beberapa judul cerita yang saya suka di buku ini:
1. Bakar Saja Keteknya
2. Pesan Moral Dari Sepiring Makanan
3. Kasih Ibu Sepanjang Belanda
4. Tarian Musim Kawin

Alasannya karena saya bisa ketawa dan speechless x)

Ai


Judul Buku: Ai
Penulis: Winna Efendi
Editor: Nurul Hikmah
Genre: Romance, Young Adult
Penerbit: Gagasmedia
Terbit: Cetakan ke-19, 2013
Tebal: 282 halaman
ISBN: 979-780-686-3

Rating: 3 Bintang

Blurb:
Cinta seperti sesuatu yang mengendap-endap di belakangmu. Suatu saat, kau tiba-tiba baru sadar, cinta menyergapmu tanpa peringatan. (more)

Review:
Tema persahabatan jadi cinta sudah cukup mainstream bagi penikmat genre romance. Baca lebih lanjut

Kedai 1001 Mimpi

Judul Buku: Kedai 1001 Mimpi

Penulis: Valiant Budi

Editor: Alit Tisna Palupi

Proof Reader: Christian Simamora

Penerbit: GagasMedia

Genre: Non Fiksi, Traveling

Target Pembaca: Dewasa

Terbit: Cetakan III, 2011

Tebal: xii+444 halaman

ISBN: 979-780-497-6

Harga: Rp 55.000,- Rp 41.250,- (beli di BukaBuku.com)

 

Blurb:

Desas Desus

“Kita ini konon pahlawan devisa. Tapi kalau mati, ya sudah, dianggap binatang saja.”

“Saya datang buat mempertebal iman, bukan jadi mainan.”

“Datang ke sini itu harus siap ‘dijajah’. Baik jiwa maupun raga!”

“KAMU tidak perhatikan, banyak orang MATI karena terlalu BANYAK TAHU?!”

Valiant Budi adalah seorang penulis yang tergila-gila dengan dunia Timur Tengah. Salah satu ambisinya yaitu menulis sebuah buku travel dari belahan bumi 1001 mimpi ini.

Kesempatan datang, ia akhirnya tinggal di Saudi Arabia sambil bekerja di salah satu kedai kopi internasional.

Ternyata, terjun langsung sebagai TKI membuatnya menemukan berbagai peristiwa ganjil yang tak pernah ia ingin ketahui, apalagi ikut merasakannya.

Ambisinya terkubur, berubah menjadi keinginan kuat untuk kembali tinggal di tanah air tercinta.

Buku ini berdasarkan pengalaman Valiant Budi dan beberapa rekan TKI yang bertahan hidup di Saudi Arabia dan selalu rindu Indonesia.

 

Review:

Kedai 1001 Mimpi berdasarkan kisah nyata.

Beberapa nama dan tempat saya samarkan

demi perlindungan dan permintaan.

Saya tak meminta Anda untuk percaya.

Silakan cari data atau buktikan sendiri.

Selamat datang di negeri 1001 dongeng. Berharaplah ini memang sekadar dongeng.

Sebut saja Vibi, penulis sekaligus tokoh utama dalam buku ini. Buku ini mengisahkan tentang kehidupan Vibi sebagai seorang TKI yang bekerja di kedai kopi bernama Sky Rabbit. Perusahaan asal Amerika itu menempatkan Vibi di Alkhobar, kota yang terletak di sebelah barat Arab Saudi.

Baca lebih lanjut