Book Review: Koala Kumal by Raditya Dika

IMG_20160731_070051_1469923275118
Author: Raditya Dika

Editor: Windy Ariestanty

Publisher: GagasMedia

Genre: Kumcer, Komedi

Published: Cetakan XI, 2016

Pages: x + 250

Rating: 3

Selain main perang-perangan, gue, Dodo, dan Bahri juga suka berjemur di atas mobil tua warna merah yang sering diparkir di pinggir sungai samping kompleks. Formasinya selalu sama: Bahri dan gue tiduran di atap mobil, sedangkan Dodo, seperti biasa, agak terbuang, di atas bagasi.

Kadang kami tiduran selama setengah jam. Kadang, kala cuaca lagi sangat terik, bisa sampai dua jam. Kalau cuacanya lagi sejuk dan tidak terlalu terik, kami biasanya sama-sama menatap ke arah matahari, memandangi langit sambil tiduran. Kalau sudah begini, Bahri menaruh kedua tangannya di belakang kepala, sambil tiduran berkata,

Rasanya kayak di Miami, ya?

Iya, jawab gue.

Iya, jawab Dodo.

Kami bertiga gak ada yang pernah ke Miami.

**

Koala Kumal adalah buku komedi yang menceritakan pengalaman Raditya Dika dari mulai jurit malam SMP yang berakhir dengan kekacauan sampai bertemu perempuan yang mahir bermain tombak. Seluruh cerita di dalamnya berasal dari kisah nyata.

** Continue reading

Advertisements

Manusia Setengah Salmon


Judul: Manusia Setengah Salmon
Penulis: Raditya Dika
Terbit: Cetakan ke-17, 2014
Penerbit: Gagasmedia
Genre: Nonfiksi, Comedy
Tebal: 264 halaman
ISBN: 979-780-531-x

Rating: 4 Bintang

Blurb:

Review:
ini buku ketiga Bang Radit yang saya baca setelah Radikus Makankakus dan Tolong, Radit Membuat Saya Gila. Dari ketiganya yang sudah dibaca, saya paling suka dengan buku ini “Manusia Setengah Salmon”. Yah, meskipun nggak suka-suka bangetlah, soalnya ada beberapa cerita yang kurang asik karena garing. Saya tuh lebih suka cerita yang mengalir, dan kesandung lucu, daripada disengaja-sengajain lucu malah kesandung garing.  

Di buku ini saya jadi mikir ternyata buku non fiksi itu menyenangkan untuk dibaca, apalagi bergenre komedi. Tiba-tiba saja saya jadi nagih pengin baca bukunya Bang Radit yang lain. Karena di buku Manusia Setengah Salmon selain dapat sisi humor, saya juga dapat sisi pelajaran tentang kehidupan. Tsaah..  

Iya, hidupnya Raditya Dika itu kelihatannya kan susah-susah lucu, tapi kok nggak ada give up-nya lho… Di ceritanya ia selalu bisa menyelesaikan masalah, meskipun dengan cara absurd. Yang penting kan nggak lari dari masalah.  

Beberapa judul cerita yang saya suka di buku ini:
1. Bakar Saja Keteknya
2. Pesan Moral Dari Sepiring Makanan
3. Kasih Ibu Sepanjang Belanda
4. Tarian Musim Kawin

Alasannya karena saya bisa ketawa dan speechless x)