Gaun Gaun Kesunyian

Ggk

Judul: Gaun Gaun Kesunyian
Penulis:
mayokO aikO
Genre:
Kumcer
Tebal:
139 halaman
Penerbit : Universal Nikko
Terbit:
Mei 2011

Kumcer ini gak ada sinopsisnya, tapi dibalik cover ada sekilas tentang pak mayoko aiko dimata orang-orang yang mengenalnya.

Untuk orang-orang tersayang di sekelilingku, yang selalu hidup di hati, jiwa dan pikiranku

Kumcer yang satu ini sangat klasik, kenapa? Karena ceritanya ala cerpen-cerpen jaman dulu, dilihat dari segi bahasa dan pemaparannya. Tapi, menurutku walaupun klasik, cerpen ini masih enak dibaca di jaman yang sudah modern sekarang ini, gak kuno kok!

Kumcer yang pak mayokO aikO buat adalah kmpulan dari bebrapa cerpennya di majalah gadis jaman dulu. Pak aikO gak lupa mencantumkan tanggal tahun dan majalahnya di setiap akhir cerita.

Tadinya aku cukup terkejut… tapi semua terasa biasa saja saat aku menikmati setiap cerita yang disuguhkan pak aiko. Membaca kumcer ini membuatku seperti berenkarnasi kembali ke masa tahun 97’an (saat itu umurku 6 tahun) dimana di jaman itu, FTV-FTV laris manis hadir di layar televisi. ???

Btw, pak aiko ini entah mengapa selalu membuat cover dengan warna hitam. Jujur… pertama kali baca judul di depan covernya aja bikin aku merinding. Apa ceritanya bakal ada horor lagi seperti DSS? Ternyata aku salah, Gaun-Gaun Kesunyian ini Cuma sepenggal judul yang paling menarik diantara ketiga belas judul yang lain. Semua kumcer di dalamnya bertema kisah cinta yang rumit, namun sebenranya sangat sederhana.

Beberapa judul yang kusuka dari keempat belas buku GGK ini diantaranya:

          Seindah Mata Krystalnya

          Diary Ketujuh Belas

          Gadis Itu Bernama Kirei Na

          Opera Tahun Baru

          Scraf Merah Jingga

Quote yang kusuka:

“Hidup adalah hari ini dan esok. Bukan kemarin dan masa lalu,” – Dewa (Scraf Merah Jingga)

Aku kasih 3 bintang untuk GGK 🙂

Dua Sisi Susi

Dss

Judul: Dua Sisi Susi
Penulis: Donatus A. Nugroho, dkk
Genre: horor
Tebal: viii + 314 halaman
ISBN: 978-602-95476-6-5
Harga : Rp 55.000
Terbit: Juli 2011

SIAPAKAH SEJATINYA SUSI?

Putihkah? Hitamkah?

Perhatikan pisau tajam di tangan kirinya dan bunga tulip hitam di tangan kanannya. Kau tak akan pernah tahu, siapa Susi sebenarnya …

Dia yang hadir tersenyum di meja makanmu menawarkan secangkir kopi manis, tapi malam harinya dia akan mengganggu tidur lelapmu!

Kau tak akan pernah tahu siapa dia …

sampai tiba waktunya kau akan dibawa …. ke sebuah tempat, dimana hidup dan matimu akan ditentukan olehnya.

*Sebuah kolase kisah misteri bertegangan tingkat tinggi, disertai 34 kisah nyata yang sangat mencekam !!!

DUA SISI SUSI : The Black and White stories of Susianne van der Kraaft’s Diary, BUKU PALING MEMATIKAN!!!

Kalimat tersebut memang tepat sekali ditujukkan untuk buku ini. ya… walaupun mungkin masih banyak juga buku yang-buku yang sebenarnya lebih seram. Tapi buku DSS ini gak kalah seram, salut dengan para penulis yang bisa buat ceritanya sepadan, karena setahu ku buku ini kumpulan dari lomba cerpen DSS yang dijadikan satu buku (kumcer), ada 24 judul cerpen, dan semuanya bener-bener total seremmmmm… cocok dibaca pada malam hari, kekekek

Semua ceritanya bertokoh utama Susi. Watak tokoh Susi ini ada yang baik dan jahat, bisa pelaku ataupun korban. Semua itu tergantung si penulisnya.

Sejauh ini aku baru baca sampai judul ke-17. Aku belum sempat menyelesaikannya, heheh … udah keburu boring soalnya… dan… menurutku ceritanya juga terlalu blak-blakan, sadis, dan penempatan kata-katanya kurang tepat.

Tapi ada satu hal yang menarik dari buku ini adalah bagian Behind the script yang berisi pengalaman menegangkan para peserta lomba kumcer Dua Sisi Susi yang naskahnya tidak lolos.

Jadi aku belum bisa kasih rating buat buku ini. aku belum selesai baca, mian ^^

 

Tentang Penulis

Ma

mayokO aikO lahir di Wonogiri. Menulis sejak SMU di berbagai majalah remaja seperti HAI, GADIS, ANITA CEMERLANG, ANEKA. Salah satu penulis Novel Cinta di antara Dua Pria ini juga melahirkan Novel Kosmopolitan berjudul 35+: SEBUAH NOVEL DEWASA dan Novel Anak berjudul Kembaran Ke Tujuh.

mayokO aikO saat ini berposisi sebagai Creative Director sebuah Advertising Agency dan sempat memenangkan medali emas pembuatan prin ad “Bias Gender” yang diselenggarakan oleh Yayasan Glang, US AID dan KOMNAS PEREMPUAn.

mayokO aikO juga pernah memenangkan Penghargaan Citra Pariwara dalam dunia iklan.